PENYERAHAN: Menhan RI Prabowo Subianto saat kegiatan penyerahan motor dinas kepada Babinsa di Pos Ramil Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Rabu (15/2/2023). (KHOTIM/RADARMANDALIKA.ID)

PRAYA – Kegiatan pertamanya dalam kunjungan kerja di Lombok, NTB, kemarin, Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto meresmikan Pos Komando Rayon Militer (Pos Ramil) Kodim 1620 Loteng yang baru dibangun berlokasi di Dusun Tomang-omang, Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah. Serta membagikan sejumlah unit kendaraan 65 SPM Trail secara simbolis di Pos Ramil setempat.

Selain menyerahkan kendaraan untuk Bintara Pembina Desa (Babinsa), Menhan RI juga menyerahkan lima unit SPM Trail kepada anggota Lanud Bizam dan Lanal Mataram, serta membagikan 1000 paket sembako kepada masyarakat Selong Belanak.

Menhan Prabowo Subianto dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa dalam kegiatannya tersebut ia yang ditemani oleh Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok dalam rangka melihat keadaan masyarakat di Lombok.

“Terima kasih sudah berjalan sekian lama telah menunggu saya dan terima kasih terutama para Babinsa, para prajurit TNI darat, laut dan udara yang hadir, terima kasih atas dedikasi-mu, terima kasih atas pengabdian-mu,” ucapnya.

Dia berpesan, harus benar-benar menjaga kerukunan, menjaga ketertiban, dan menjaga perdamaian di tengah-tengah masyarakat. “Hanya dengan perdamaian, hanya dengan kesejukan, hanya dengan kerukunan kita bisa melaksanakan pembangunan ekonomi supaya rakyat kita semuanya bisa sejahtera,” tambahnya.

Dikatakan, semua rakyat bisa menikmati kemakmuran. Dan kemakmuran hanya bisa dicapai apabila kerukunan, kedamaian, persatuan yang itu merupakan tugas dari pada TNI. Tentu dengan bekerja sama dengan seluruh rakyat. Karena pertahanan saat ini adalah pertahanan keamanan rakyat semesta. Dimana, seluruh rakyat bertanggung jawab atas ketertiban itu semuanya.

“Alhamdulillah kita ikut membantu desa-desa yang kekurangan air di masa kering dan kekurangan air. Kita sudah ketemu berapa puluh titik air di Nusa Tenggara Barat ini. Dan, kita akan teruskan semua desa perjuangan kita akan mendapat air bersih, itu perjuangan kita,” katanya.

Sementara Dandim 1620 Loteng, Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara mengatakan, bahwa Menhan RI Prabowo Subianto menyerahkan kendaraan 60 unit SPM Trail kepada Babinsa. Sekaligus meninjau Pos Ramil Selong Belanak. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda lawatan Menhan RI selama berada di Lombok, khususnya di Kabupaten Lombok Tengah.

Dalam kunjungan-nya, selain bersama rombongan, Menhan RI juga didampingi oleh Duta Besar dari Republik Rakyat Tiongkok sekaligus melakukan dialog menyapa masyarakat dan seluruh prajurit. Memberikan moril kepada seluruh prajurit baik AD, AL maupun AU yang hadir di Pos Ramil Selong Belanak.

Usai peninjauan dan penyerahan itu, Menhan RI juga melaksanakan panen jagung bersama masyarakat di lokasi ketahanan pangan yang berada di Dusun Serangan, Desa Selong Belanak, yang jaraknya tidak jauh dari lokasi Pos Ramil.

“Dengan adanya kunjungan Menhan RI ke wilayah Kodim 1620 Loteng ini bisa meningkatkan moril seluruh prajurit terutama Babinsa terlebih masyarakat yang berada di sekitar Pos Ramil dapat merasakan manfaat-nya,” tutupnya. (tim)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 446

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *