Gerak Cepat Polres Lotim Pasca Kapolri Baru Dilantik

F BOK 8

IST / RADAR MANDALIKA BENAHI : Satlantas Polres Lotim saat membenahi Satpas, dengan menyiapkan jalur untuk masyarakat difabel, kemarin.

Satlantas Berbenah, Siapkan Fasilitas Layanan untuk Disabilitas

Kapolri baru dilantik, semua mulai berbenah menyesuaikan diri dengan program yang diusung Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo. Termasuk Satlantas Polres Lotim juga berbenah.

MUHAMAD RIFA’I – LOTIM

JABATAN Jendral Polisi Idham Aziz sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) telah berakhir dan digantikan Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo. Sigit dilantik Presiden H Joko Widodo, setelah Sigit melalui proses uji kelayakan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, beberapa waktu lalu. Mantan ajudan Presiden Joko Widodo itu menjabat Kapolri, setelah melompati dua angkatan di atasnya.

Salah keinginan Sigit memimpin Polri, yakni ingin menjadikan institusi Polri yang Presisi, yakni Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, dan Berkeadilan. Selain itu, menjadikan Polri yang lebih humanis, melayani, akuntabel, dan mengedepankan keadilan. Berbeda dengan Kapolri sebelumnya, membawa Polri yang Promoter.

Apa yang menjadi program Kapolri saat ini, mendapat dukungan penuh dari semua jajaran ditingkat bawah. Tak terkecuali Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lotim. Menyonsong program orang nomor satu di lingkungan Polri itu, Satlantas Polres Lotim berbenah, terutama pembenahan pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Pembenahan di bagian pelayanan itu, mulai dari alur pelayanan, dan sebagainya. Satlantas ingin memberikan pelayanan yang humanis, sehingga masyarakat mendapatkan kepuasan. Tak terkecuali masyarakat yang membutuhkan perhatian khusus  seperti masyarakat difabel, juga diberikan alur pelayanan khusus.

Fasilitas untuk masyarakat yang berkebutuhkan khusus itu, tidak saja di tempat pelayanan Satpas. Tetapi juga di pelayanan Samsat. Mereka kaum difabel, dibuatkan fasilitas mulai dari jalur kursi roda, ruang tunggu khusus difabel. Mereka akan dibantu oleh pemandu dari personel Satlantas, sampai selesai mendapatkan pelayanan yang di inginkan.

Semua itu dilakukan kata AKP Putu Gde Caka, Kasat Lantas Polres Lotim, sesuai dengan road map Kapolri, dimana salah satunya ialah peningkatan kualitas pelayanan publik Polri. Satlantas juga ingin memberikan perhatian lebih pada masyarakat pengguna jalan.  Masyarakat difabel, diharapkan dapat menjalankan aktivitas seperti masyarakat umumnya.

Bagaimana pun, mereka juga bisa mengendarai kendaraan yang sudah mereka modifikasi sendiri, sehingga kelengkapan administrasi SIM dan STNK juga harus dilengkapi. Ia berharap, dengan peningkatan kualitas pelayanan publik khusus difabel ini, akan merasa diperhatikan haknya, sehingga tergerak untuk melengkapi kewajibannya.

“Masyarakat yang memerlukan perhatian khusus, akan kami layani dengan maksimal untuk menindaklanjuti perintah Kapolri,” kata AKP Putu Gde Caka, Kasat Lantas Polres Lotim. (*)>

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Mataram Gawat ! 103 Meninggal Terpapar Covid-19

Read Next

Kirim Seribu Sapi NTB ke Jabar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *