Sejumlah Pejabat dan Wartawan Diswab

f salamcovid

SALAM COVID: Gubernur NTB, Zulkieflimansyah saat menyalami Menteri Agama RI, Fachrul Razi saat baru tiba di Lombok, pecan lalu.

Hasil Swab Gubernur, Sekda dan Karo Kesra Nagatif 

MATARAM – Beredarnya kabar Menteri Agama RI, Fachrul Razi positif terpapar covid-19 membuat sejumlah pihak di NTB tidak tenang. Mulai dari Gubernur Zulkifelimansyah, sejumlah pejabat sampai wartawan. Pasalnya, pecan lalu Menteri Agama berkunjung ke NTB dari tanggal 16-17 September. Saat itu didampingi gubernur, Sekda NTB, Lalu Gita Ariyadi, Karo Kesra Setda NTB, Mashuri termasuk yang intens mendampingi Kepala Kemenag NTB, KH Zaidi Abdad.

Atas kejadian yang menggemparkan ini, Pemprov NTB pun langsung mengambil langkah dengan dilakukan tracing kontak langsung kemarin dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

“Iya sedang dilakukan (tracing kontak),” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr Nurhandini Eka Dewi dikonfirmasi, Senin kemarin.

“(Gubernur dan Sekda juga) iya,” sambung Eka.

Dalam kunjungan Menag, sempat diwawancara sejumlah media local di NTB secara doorstop. Sehingga para pewarta pun sudah didata langsung.”Sudah didata semua,” bebernya.

Untuk melihat siapa yang terpapar virus itu dengan dicek dimana yang beradaptasi intens harus diswab, sementara yang posisinya agak jauh hanya cukup dirapid saja. “Yang jauh dirapid dan intens diswab,” tegas Eka.

Terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 NTB, I Gde Putu Aryadi menambahkan, pendataan dan tracing itu untuk melihat kedekatan dan lama kontak, selanjutnya akan dilakukan screening. Pendataan itu dilakukan oleh  petugas kesehatan dan instansi terkait lainnya. Lalu dilakukan swab bahkan hari ini (kemarin) sudah mulai dilakukan swab salah satunya Sekda NTB.

“Ya, semua yang teridentifikasi kontak erat. Sekda sudah tadi,” beber Mantan Urbanus Inspektorat NTB itu.

Ariyadi mengatakan, tidak mengetahui keseluruhan siapa saja yang akan diswab, namun dari informasi yang didapatkan koran untuk besok pagi (hari ini), akan diswab beberapa wartawan yang sempat melakukan wawancara.

“Saya belum punya daftar, karena masing-masing sudah langsung berhubungan ke petugas swab oleh petugas kesehatan/lab RSUD,” katanya.

Sementara, salah satu wartawan yang mewawancarai Menag mengakui akan dilakukan swab yang akan difasilitasi Dikes NTB. Pewarta itu pun membenarkan jadwal swabnya besok pagi (hari ini).

“Besok pagi (jadwal) diswab kayak di pemprov itu,” kata wartawan yang tidak mau dikorankan namanya itu.

Sebelumnya, adapun kunjungan Menag RI saat itu untuk meresmikan gedung rektorat universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Sebelumnya juga meninjau Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kemenag NTB. Dimana dalam acara tersebut yang intens kontak langsung. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB, KH Zaidi Abdad. Kakanwil yang dikonfirmasi terpisah koran ini mengaku akan diswab juga. Tidak hanya dia termasuk beberapa pejabat Kemenag NTB lainnya, termasuk yang hadir saat itu Kakanwil kabupaten kota di NTB.

“Kita akan melaksanan swab kepada teman-teman Kemenag,” katanya.

Zaidi menjelaskan, acaranya di kantor Kemenag NTB tidak lebih hanya 10 menit langsung balik sehingga tidak berinteraksi dengan banyak orang. Di hotel tempat Menag menginap pun diterpapkan Sosial Distancing (jaga jarak).”Insyallah nanti kami akan Swab itu,” ujarnya.

Zaidi yakin, Menag tidak terpapar Covid-19 di Lombok. Informasi yang ia dapat dia kena di pesawat dari Jakarta ke Lombok. Pesawat yang dinaiki  menteri penumpang sebelummya ada yang muntah. Konon di pesawat itu ada yang positif Covid-19. Sebelum Menteri naik di dalam pesawat dibersihkan terlebih dahulu.

 “Saya juga tidak tau berita itu darimana tapi saya dapat info itu,” katanya.

Zaidi mengatakan, pihaknya juga akan melakukan Rapid Test bagi yang hadir di acara, tetapi posisinya agak jauh.

 “Saya harapkan begitu (Isolasi Mandiri) Artinya kita tidak usah panic,” katanya.

Sementara itu, kabar terbaru datang dari kantor Gubernur NTB. Kabar baik Gubernur NTB, Dr Zulkeiflimansyah dikabarkan hasil swabnya negatif. Gubernur yang secara kebetulan berada di Kabupaten Sumbawa, langsung melakukan tes swab di Laboratorium Genetik Sumbawa Technopark. Hasil pemeriksaan RT-PCR SARS-COV-2 bernomor 0275/S.CO/SBW/IX/2020, dinyatakan negatif.

“Sudah tadi swab, hasilnya negatif. Aman,” kata Karo Humas dan protokoler Setda NTB, Najamuddin Amy dikonfirmasi.

Tidak hanya gubernur, dua pejabat pemprov lainnya, Sekda NTB dan Karo Kesra Setda NTB melangsungkan Swab di RSUP NTB kemarin dan beruntung hasilnya pun negatif.

“Sekda dan Karo Kesra negatif juga. Tadi swab di RSUP,” ujarnya. (jho)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Aswatara Sorot Kinerja Pengawas

Read Next

Usulkan Cabut Izin Kerjasama BRI Sebagai Penyalur Bansos

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *