Kabar Baik, SPAM Bendungan Pengga Dikerjakan 2021

f pu

Lalu Firman Wijaya

PRAYA— Pembangunan Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) baru di Bendungan Pengga Desa Pelambik, Kecamatan Praya Barat Daya akan dikerjakan pada 2021 mendatang. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas PUPR Loteng, Lalu Firman Wijaya saat ditemui dikantornya, kemarin.

Firman menyatakan, proyek pembangunan SPAM Pengga itu, saat ini sedang tahapan penyusunan DED untuk anggarannya yang nantinya akan diajukan ke pusat. Karena, untuk pembangunan SPAM ini membutuhkan anggaran yang lumayan besar.

 “Saat ini masih disusun DEDnya.  Tapi, kami optimis tahun 2021 mendatang sudah mulai dikerjakan,” jelasnya.

Ia mengaku, tujuan dari pembangunan SPAM air bersih di Bendungan Pengga itu,  untuk masyarakat sekitar dan untuk menunjang kebutuhan air bersih diKawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kecamatan Pujut mendatang.

“Tentu bukan untuk KEK Mandalika saja. Melainkan untuk masyarakat juga,” jelasnya.

Ia menegaskan, penyaluran air bersih dari SPAM Bendungan Pengga ini akan melalui jalur Desa Penujak menuju depan bandara dan akan mengikuti pembangunan jalan tol yang menuju KEK Mandalika.

“Kalau untuk jalur air menuju KEK Mandalika sudah kita petakan.  Pipanya nanti tidak mengganggu lahan milik masyarakat,” ucapnya.

Ditambahkan, untuk percepatan untuk perencanaan pembangunan SPAM ini, pihaknya sudah beberapa kali melakukan rapat dengan PDAM, BWS, ITDC, Balai Jalan dan Satker.  Hal itu untuk mematangkan rencana itu dan pembangunan SPSM ini bisa trealisasi sesuai dengan target.

“Saya percaya dengan adanya SPAM ini akan mampu untuk memenuhi kebutuhan air bersih di KEK Mandalika  dan termasuk dengan Sirkuit MotoGP,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Teknik PDAM Praya, L. Sukemi Adiantara membenarkan, pihaknya berencana akan membangun Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) baru di Bendungan Pengga untuk memenuhi kebutuhan KEK Mandalika dan lima desa penyangga kawasan.

“Untuk rencana ini kita sedang menyusuan DEDnya. Setelah selesai itu baru kita  tahu barapa anggaran yang akan dihabiskan. Tapi anggaranya nanti, semua melalui APBN,” ujarnya. (jay)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Usulkan Cabut Izin Kerjasama BRI Sebagai Penyalur Bansos

Read Next

Dua Tahun Kepemimpinan Zul – Rohmi, Wagub Tegaskan NTB dibangun dengan Kebersamaan dan Cinta

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *