RAZAK/RADAR MANDALIKA LANCAR: Sejumlah warga ketika menjalani isbat nikah di Aula Kantor Desa Durian, kemarin.

PRAYA – Sebanyak 134 pasangan suami istri (pasutri) dari Desa Durian, Kecamatan Janapria mengikuti sidang isbat nikah gratis, Rabu (21/12). Prosesi isbat nikah yang dilaksanakan di aula kantor Desa Durian ini dihadiri Ketua Pengadilan Agama (PA) Praya dan Kepala Desa (Kades) setempat.

“Hari ini (kemarin, Red), kami melaksanakan sidang isbat nikah 134 perkara. Dari semuanya itu sudah selesai kami sidangkan,” ungkap Ketua PA Praya, Hj. Noor Aini pada Radar Mandalika.

Dengan adanya sidang isbat nikah ini, ratusan pasangan suami itu akan mendapatkan buku nikah. PA Praya mengeluarkan putusan berupaya penetapan. Ini sebagai dasar untuk bisa diterbitkannya buku nikah oleh Kantor Urusan Agama (KAU) setempat.

“Putusan kami berupa penetapan. Itulah yang dibawa ke KUA untuk diurus buku nikahnya. Yang mengeluarkan buku nikah bukan pengadilan, tetapi KUA. Kami mengeluarkan penetapan, bahwa perkawinan ini sah. Sebagai dasar pak KUA mengeluarkan buku nikah,” terang Noor Aini.

Kehadiran PA Praya sebagai upaya untuk melengkapi atau menertibkan administrasi kependudukan (Adminduk) terhadap pasangan suami istri yang menikah di bawah tangan atau nikah siri atau tidak dicatatkan di KAU setempat.

Perlu diketahui, buku nikah yang sah menjadi dokumen penting yang wajib dimiliki pasangan suami istri. Sebab, buku nikah menjadi acuan untuk mengurus kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk (KTP), akta kelahiran anak maupun dokumen lain.

Mengenai isbat nikah gratis, dikatakan bahwa PA Praya bekerja sama dengan beberapa desa di beberapa kecamatan di Loteng. “Karena memang kami ini ada anggaran dari Mahkamah Agung (MA). Ada namanya sidang prodeo yang dibiayai oleh negara,” ungkap Noor Aini.

Disampaikan, pihaknya terus mengggelar sidang keliling isbat nikah gratis di luar pengadilan. “Tahun depan (2023) kami juga berusaha mudah-mudahan kami diberi anggaran yang lebih tinggi lagi dari tahun ini. Supaya kami bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan biaya negara,” ujar Noor Aini.

Di tempat yang sama, Kades Durian Didik Setiadi menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas program sidang isbat nikah gratis. Dimana, masyarakat sangat terbantu dengan adanya program tersebut. “Kami sangat terbantu. Tadi warga kami sangat antusias sekali,” ucapnya.(zak)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 347

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *