Ratmina Dilantik jadi Anggota DPRD Loteng

F2

IST/RADARMANDALIKA.ID TERIMA: Anggota DPRD Loteng, Ratmina menandatangi pada pelantikan, Kamis kemarin

PRAYA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Tengah (Loteng) menggelar rapat paripurna, kemarin.
Agendanya, melantik anggota DPRD Loteng Dapil I (Praya-Praya Tengah), Ratmina menggantikan posisi Ahmad Ziadi (AHZ) yang mengundurkan diri untuk ikut kontestasi Pilkada 2020. Posisi AHZ yang digantikan oleh Ratmina melalui mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan tahun 2019-2024. Ratmina berhak menggantikan AHZ karena memperoleh suara terbanyak setelah AHZ. Pengambilan sumpah dan janji jabatan dipimpin langsung Ketua DPRD Loteng, M Tauhid.
Ketua DPRD Loteng, M Tauhid menyampaikan, pelaksanaan PAW ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ia pun berharap kepada pengganti untuk bisa lebih cepat beradaptasi dan bekerjasama dalam menjalankan amanah rakyat dengan fraksi-fraksi lain sesuai dengan yang tertuang dalam sumpah janji jabatan yang dibacakan sebelumnya.
“Sejak proses pengusulan penggantinya, kami sudah laksanakan sesuai aturan. Dan semoga apa yang dilaksanakan ini bisa menjadi amal ibadah kita bersama ke depan,” katanya.
Tauhid menjelaskan, sesuai aturan anggota DPRD Kabupaten/Kota, sebelum mengemban amanah menjadi anggota dewan, harus mengikuti dan melakukan pengucapan sumpah/janji jabatan. Itu juga sebagai tindaklanjut dari keluarnya SK Gubernur NTB nomor 171.2/308 tahun 2021 tertanggal 31 Mei 2021. Dimana, sebagai rujukan untuk melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan.
“Ahmad Ziadi diberhentikan dengan hormat karena mengundurkan diri setelah menjadi calon Bupati Loteng,” sebutnya.
Sementara, Bupati Loteng, HL Pathul menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ahmad Ziadi yang telah mengabdikan diri sebagai anggota legislatif Kabupaten Lombok Tengah.
“Beliau (Ahmad Ziadi, red) telah bersama kita dalam membangun daerah yang kita cintai ini. Dan tentunya, pengabdian tersebut akan beliau lanjutkan dalam kapasitas yang berbeda,” ujarnya.
Selain itu, Pathul juga menyampaikan selamat kepada saudari Ratmina yang telah mengucapkan sumpah janji sebagai anggota DPRD Kabupaten Lombok Tengah untuk sisa masa jabatan tahun 2019-2024.
“Kami yakin saudari Ratmina akan mampu segera beradaptasi dengan lingkungan DPRD. Sehingga tupoksi sebagai anggota DPRD Lombok Tengah dapat langsung diperankan secara maksimal,” ungkapnya.
Pathul menambahkan, arus informasi yang semakin cepat di era digitalisasi saat ini, di mana ruang kritis masyarakat semakin luas untuk disalurkan, mengharuskan semakin peka atas setiap kebutuhan dan tuntutan masyarakat.
Memberikan argumentasi sebagai jawaban atas setiap tuntutan kritis masyarakat saja tidak cukup. Akan tetapi masyarakat membutuhkan kerja nyata dan hasil nyata yang dapat dirasakan langsung oleh mereka.
Sikap kritis masyarakat juga dari waktu ke waktu semakin meningkat. Ini pertanda baik bagi demokrasi. Kritik hendaknya menjadi cermin untuk melakukan perbaikan-perbaikan agar tetap berjalan di garis yang benar.
“Dalam membangun daerah ini, ini, selain membutuhkan kolaborasi yang harmonis antara eksekutif, legislatif, dan yudikatif, juga tetap membutuhkan suara-suara publik dalam mengawal setiap proses pembangunan,” paparnya.
Ia berharap, kebersamaan yang telah terbangun selama ini antara pemerintah daerah dan DPRD dapat terus dipelihara dan semakin dikuatkan. Terutama dalam mengatasi berbagai permasalahan masyarakat yang harus disikapi dengan arif dan bijaksana.
“Kami menyampaikan penghargaan atas kerjasama di selama ini. Kita harapkan semakin meningkat pada masa-masa yang akan datang. Terutama dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan yang telah, sedang da⁴n akan dilaksanakan,” tutupnya. (bam)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Pemkab Lobar Bersiap untuk Kasasi

Read Next

10 Kepala Madrasah Negeri Kena Mutasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *