Abdus Syukur

MATARAM – Setelah H Rudi Hidayat dan Nasrudin (Ketua PWI), satu lagi wartawan senior asal NTB yang dinyatakan kompeten sebagai penguji uji kompetensi wartawan (UKW) oleh Dewan Pers adalah Abdus Syukur.

Pemimpin Umum Radar Mandalika itu berhak menjadi penguji setelah mengikuti TOT Calon Penguji UKW yang digelar Dewan Pers mulai 2 sampai 3 Desember 2022 di Hotel Savero Depok.
Pelatihan TOT calon penguji UKW yang digeber Dewan Pers itu diikuti 45 peserta yang datang dari sejumlah media mainstream ibu kota. Seperti Tempo dan Bisnis Indonesia. Peserta juga datang dari televisi nasional seperti TVOne dan RCTI. Tidak hanya itu ada juga dari media online dan radio Elshinta.

Apa saja materi pelatihannya? Para peserta dibekali atau dilatih sistem penilaian dan memperdalam mata uji bagi peserta UKW tiga tingkatan atau level. Yakni, UKW level Muda, Madya dan UKW Wartawan Level Utama.

Untuk kelompok muda dan madya ada 10 mata uji, sedangkan kelompok utama akan mengerjakan 9 mata uji. Seperti Memahami dan Memastikan Penerapan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Hukum atau Undang-Undang/Peraturan Terkait Pers. Mengidentifikasi/Koordinasi Liputan, Rapat Redaksi.

Juga menulis berita/feature, Membangun Jejaring, Menyunting Berita, Merencanakan Liputan Investigasi. Analisa Bahan Liputan Terjadwal, Merancang Isi Rubrik. Rapat Evaluasi Hasil Liputan dengan Wartawan Utama.

“Sebenarnya indikator unjuk kerja wartawan muda dan madya, nyaris sama. Peserta juga harus memahami UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, ” kata Abdus Syukur yang Pemred Lombok Post 2009-2013 itu.

Dan, yang terakhir yang menentukan lulus atau kompeten tidaknya para peserta yang semuanya pemegang kartu utama itu lanjut Ketua SMSI NTB itu adalah menulis opini atau makalah dalam waktu tidak lebih dari satu jam.

“Tim Komisi Pendidikan Dewan Pers yang menilai hasil kerja kita dan sekaligus memberi predikat kompeten tidaknya jadi penguji wartawan. Alhamdulillah kita kompeten dan telah mendapat sertifikat Penguji,” kata Yono Hartono, Waketum SMSI yang juga salah satu peserta TOT. (*)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 427

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *