Lobar, 24 Desa Pilkades Serentak 2021

F PILKADES 4

DOK/RADAR MANDALIKA PILKADES: Pelaksanaan Pilkades di Lobar beberapa waktu lalu.

LOBAR—Sebanyak 24 desa di delapan kecamatan di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) akan mengelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 2021 mendatang.  Tahapan pelaksanaannya direncanakan dimulai pada pertengahan Januari mendatang.

Menurut Kasi Tata Pemerintah Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lobar, Suhamdi, pelaksanaan pendaftaran akan dimulai Juni 2021 mendatang. Lantaran masih cukup banyak jabatan kepala desa yang belum berakhir hingga Januari 2021. “Kades yang paling lama berakhir tanggal 18 Februari 2021. Sehingga kita pastikan semua jabatan kepala desa saat Pilkades sudah berakhir,” jelasnya, kemarin.

Pada pelaksanaan Pilkades 2021 mendatang dipastikan tidak ada incumbent atau calon petahana. Karena semua jabatan kades sudah berakhir pada 2019, 2020 dan 2021. Serta digantikan oleh pelaksana tugas (Plt). “Yang tidak melaksanakan pilkades tahun depan Kecamatan Lingsar dan Kediri,” ungkapnya.

Meski demikian pihaknya belum menetapkan waktu pasti pelaksanaan Pilkades. DPMD baru berencana memulai dengan sosialisasi. Karena kepastian waktu pelaksanaan Pilkades baru diputuskan setelah ada SK dari Bupati. “Dengan adanya Permendagri terbaru atas perubahan Permendagri nomor 112 tentang pilkades, ada perubahan terutama penerapan protokol covid. Harus ada pengadaan termogun, alat-alat dan pembersih itu harus dipersiapkan panitia,” sambungnya.

Sejauh ini, diakui Suhamdi, pihaknya tengah merancang perbup Pilkades tersebut. Menyesuaikan dengan permendagri, terkait penerapan protokol covid. “Januari kita sudah mulai sosialisasi,” pungkasnya. (win)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Dewan Akan Bentuk Pansus PAD dan Aset

Read Next

NTB Dukung Misi Penyelamatan Lingkungan Melalui Insentif Fiskal Berbasis Ekologi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *