Dewan Peduli Keberadaan Pembudidaya Belut

F BELUT

IST/RADAR MANDALIKA BUDIDAYA: Anggota DPRD Loteng, HM Sidik Maulana saat memperlihatkan belut hasil program budidaya.

PRAYA – Demi meningkatkan perekonomian saat masa pandemi, warga Desa Selebung, Kecamatan Batukliang banyak melakukan budidaya belut. Langkah ini mendapat perhatian khusus dari anggota DPRD Loteng, HM Sidik Maulana.

Kepada Radar Mandalika dia mengatakan, dalam waktu dekat ia berjanji akan memberikan kelompok pembudidaya belut tersebut bantuan dari pokok pikiran (Pokir) anggaran perubahan dan belanja daerah (APBD) murni tahun 2021, berupa terpal sebagai media ternak dan bibit belut.

“Kita anggarkan semua kelompok binaan ini sejumlah Rp 200 juta, karena sudah terbukti hasil dari pembudidayaan tersebut. Jadi kita prioritaskan mereka,” katanya, Senin kemarin.

Pria yang duduk di Komisi III ini melanjutkan, sampai saat ini sudah ada beberapa kelompok yang telah berjalan. Rencananya, program budidaya ini akan diperluas lagi ke beberapa wilayah dusun setempat. Sementara ini prioritas kedepannya adalah pengadaan bibit, pasalnya, saat ini para peternak masih mengandalkan bibit dari luar, karena begitu banyaknya permintaan bibit belut, namun di lapangan saat ini masih sangat sulit untuk mendapatkanbibit belut tersebut.

Program budidaya belut ini sendiri baru dirintis sejak tiga bulan yang lalu, namun karena progres pengelolaan yang baik, sehingga banyak kelompok dari luar Lombok Tengah yang datang untuk sekedar belajar. “Ada kelompok dari Lombok Timur antusias datang belajar, saat setelah melihat keberhasilan teman disini. Tapi kita akan coba perlahan sebarkan di wilayah setempat dulu,” ungkapnya.

Budidaya belut dalam pekarangan ini diminati karena simpel dan tidak ribet. Siapapun bisa menggeluti asal komitmen. “Selain memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, dengan memanfaatkan lahan sempit dipekarangan rumah saja, mampu menciptakan ekonomi produktif. Semoga dengan adanya program ini mampun meringankan beban ekonomi warga dimasa pandemi saat ini,” tuturnya. (buy)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Sudiartawan dan Tiga Saksi Penuhi Panggilan Bawaslu

Read Next

Tambang Galian C Illegal di Narmada Ditutup Pemerintah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *