Astagfirullah, Bayi Tak Berdosa Dibuang di Rumah Kosong di Desa Darek

  • Bagikan
F bayi perempuan
IST/RADARMANDALIKA.ID KEJAM: Bayi perempuan itu saat diperiksa petugas kesehatan di Puskesmas Darek, Sabtu lalu.

PRAYA – Warga di Dusun Bale Luah Desa Darek, Kecamatan Praya Barat Daya gempar gara-gara ditemukannya bayi jenis kelamin perempuan di rumah kosong dusun setempat, Sabtu siang kemarin. Bayi tanpa dosa ini awal dianggap warga hantu. Warga tidak ada yang berani masuk ke rumah kosong dalam keadaan terkunci tersebut. 

 “Jadi kita terpaksa dobrak rumah itu,” kata Idham Khalid warga Desa Darek yang menyaksikan.

Setelah berhasil mendobrak pintu rumah yang jarang ditempati pemiliknya itu, kondisi sang bayi dalam keadaan masih hidup. Namun terlihat basah akibat hujan, bayi ini juga terlihat kedinginan.

Sementara, Plh Kapolsek Praya Barat Daya, IPTU Samsul membenarkan temuan bayi itu. Diceritakan kronologis kejadian, warga awal mendengar adanya suara tangis bayi dari dalam rumah kosong milik H. Ismail. Merasa curiga, akhirnya warga memberitahukan Kepala Dusun (Kadus ) Bale Luah, Desa Darek.

Katanya, setelah Kadus sampai di TKP sudah banyak warga yang berkerumun dan posisi bayi sudah digendong oleh Abdul Halim Alias Gaduh, selanjutnya bayi tersebut dibersihkan oleh Inaq Ida dari kotorannya.

“Bayi tersebut dibawa ke Puskesmas Darek untuk mendapatkan perawatan secara medis,” bebernya.

Atas kasus ini, anggota telah memeriksa beberapa saksi yang mengetahui penemuan bayi tersebut antara lain Astar, Abdul Halim alias Gaduh, dan Inaq Ida semua warga Dusun Bale Luah Desa Darek.

“Dari keterangan Perawat Puskesmas, bayi tersebut berjenis kelamin perempuan lahir secara normal dengan berat badan 2,7 kg, panjang badan 48 cm, dan lingkar kepala 33 cm dan kondisi bayi saat ini mengalami hipotermia (kedinginan, red), ” ceritanya.

“saat ini bayi tersebut sudah mendapat perawatan, apabila didalam pengawasan atau observasi dibutuhkan perawatan lebih lanjut akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Praya,” tambahnya.

Kapolsek mengaku, berdasarkan hasil pemeriksaan medis, bayi tersebut baru saja dilahirkan, sebab ditemukan masih ada ari-ari.(tim)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *