banner 300x600

Waspada..! Virus PMK Semakin Meluas di Loteng

  • Bagikan
F Sapi 2
IST/RADARMANDALIKA KELUARKAN BUSA: Sapi ini positif terpapar virus PMK di Desa Kelebuh, Kecamatan Praya Tengah, Rabu siang kemarin.

PRAYA – Penyebaran virus Penyakit Mata dan Kuku (PMK) yang menyerang sapi di Kabupaten Lombok Tengah semakin meluas. Awal ada 67 ekor sapi kini menjadi 150 ekor dan telah dinyatakan positif terjangkit virus PMK namanya.

“Kemarin ada 67 ekor, tapi sekarang bertambah di kecamatan lain di Lombok Tengah,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Lombok Tengah, Taufiqurrahman.

banner 300x600

Berdasarkan hasil laporan petugas lapangan bahwa per hari Kamis kemarin, virus ini sudah masuk ke wilayah Kecamatan Jonggat di Desa Barejulat dan Desa Puyung.

Kemudian berdasarkan hasil laboratorium yang dikirim ke Laboratorium Denpasar Bali, ditemukan bahwa 1 positif dan 6 negatif dari jumlah sampel yang diserahkan.

“Ini sudah ada positif,” bebernya.

Sementara itu, mengenai dengan pengobatan yang dilakukan dinas sementara ini dilakukan langkah awal seperti penyemprotan disinfektan di masing-masing kandang. Dan langkah selanjutnya pun untuk pencegahan ia akan melakukan penutupan pasar hewan terutama sapi seperti yang ada di Pasar Sapi Gerantung, Kecamatan Praya Tengah dan Barebali, Kecanatan Batukliang.

“Penutupan mulai kemarin sampai tiga Minggu kedepan,” katanya. (tim)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *