Warga Lingkar BIL Persoalkan Saluran Irigasi Dalam Bandara

F Hearing

KHOTIM/RADARMANDALIKA.ID HEARING: Warga lingkar BIL dan Pemuda Pancasila saat hearing di kantor DPRD, Selasa kemarin.

PRAYA – Warga lingkar Bandara Internasional Lombok (BIL) mempersoalkan saluran irigasi di dalam area bandara.

Warga pun melakukan hearing ke DPRD Lombok Tengah. Warga bersama belasan Pemuda Pancasila Lombok Tengah. Yang dipersoalkan warga, terkait terganggunya akses jalan dan saluran irigasi masyarakat mengingat lokasi irigasi yang berada di dalam area BIL tidak dapat dimanfaatkan warga.

Perwakilan warga, L Hadinata mengatakan dimana adanya tanah warga yang belum terbayarkan dalam pembuatan saluran irigasi dan adanya gangguan saluran pertanian digunakan warga. Jalur setapak warga juga terganggu oleh proyek perpanjangan runway bandara.

“Saya tidak sepakat ketika negara melakukan pembangunan warga harus mengikhlaskan lahanya, kalaupun terkena pembangunan maka harus dibayar, dan kalau pun rugikan maka pemerintah harus bertanggung jawab,” tegasnya.

Sementara, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Loteng, L Harli membenarkan keberadaan tanah tersebut dimana runway dan saluran irigasi tersebut tidak boleh diganggu gugat.

“Harusnya pihak angkasapura,” katanya.

Harli menyatakan, dimana pihaknya mengeluarkan HPL berdasarkan pengadaan tanah pada tahun 1995 menyatakan dimana pada saat itu diselesaikan oleh tim 9 gabungan SKPD, camat dan Kepala Desa, dan tanah di luar HPL perlu siapkan data, baik terkait letak, subjek,  luas, dan memastikan  apakah berada di luar atau di dalam HPL. Maka semua berhak melakukan pengujian dimana saluran tersebut.

Sementara, Ketua Komisi III DPRD Loteng, Andi Marda yang menerima mengatakan adanya kejanggalan dalam pembuatan irigasi panjangnya 600 meter ini, berada di dalam bandara dan tidak akan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat kebutuhan pertanian.

“Ini harus ada solusi dan penataan yang jelas bagaimana supaya masyarakat bisa memanfaatkan saluran irigasi primer dan sekunder yang ada di areal bandara,” tegasnya.(tim)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Percepat Mandalika, Ketua DPD Pertemukan Menteri PUPR dan Gubernur NTB

Read Next

Debat Pamungkas “Sakiti” Penyandang Disabilitas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *