Umrah Dibuka untuk Indonesia, Menteri Agama Segera Bahas Teknis

F Kemenag NTB

JHONI SUTANGGA/RADAR MANDALIKA KH. Zaidi Abdad

MATARAM – Pemerintah Arab Saudi akhirnya membuka pintu untuk masyarakat Indonesia yang mau melaksanakan ibadah umrah. Ini pasca dua tahun terakhir ditunda dampak dari pandemi covid-19, demikian juga ibadah haji. Kepala Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) NTB, KH. Zaidi Abdad yang dikonfirmasi membenarkan kabar baik ini.
“Sudah dibuka untuk Indonesia,” ungkapnya saat dihubungi Radar Mandalika, tadi malam.

Zaidi mengaku, secara resmi pihaknya belum mendapatkan pemberitahuan dari Kementerian Agama (Kemenag) RI, namun dari beberapa berita nasional didapatkan kabar bahwa sudah dibuka. Bahkan Menteri Agama (Menag) pekan depan akan bertolak ke Arab Saudi guna membahas teknis pemberangkatan secara detail.
“Masih dibicarakan teknisnya,” jawabnya.

Saat ini, Kemenag NTB tentu akan menunggu hasil resmi dari pusat. Sebab Kemenag masih terus melakukan komunikasi termasuk pembahasan teknis secara detail. Pemerintah masih melihat pergerakan kasus Covid juga. Jika kasus covid masih seperti saat ini, maka syarat yang harus dipenuhi pemberangkatan dengan menerapkan prokes secara ketat.

“Kalau semakin hilang maka kemungkinan bulan depan dapat diberangkatkan,” tegasnya.
Itu sebabnya, Menag akan ke Arab Saudi untuk membahas banyak hal. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Karena itu pembahasan teknisnya akan dibahas di sana (Saudi),” bebernya.

Zaidi menjelaskan, jika sudah ada kebijakan pembukaan untuk Umrah secara otomatis juga berlaku untuk ibadah haji dimana pelaksaannya juga bisa mulai dilakukan di tahun ini. “Kita menunggu secara resmi nanti. Setelah kepulangan Pak Menteri. Kita belum bisa sampaikan mekanisme pemberangkatan dan sebagainya sebelum ada keputusan resmi,” pungkasnya. (jho)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Pasutri Bule Jerman yang Terdampar Akhirnya Dipulangkan

Read Next

Menteri Sosial Terlibat Adu Mulut

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *