TKI Korban Kapal Tenggelam, Polda Dukung Investigasi

  • Bagikan
F jenazah 1
IST/RADARMANDALIKA PEMULANGAN: Keluarga TKI korban kapal tenggalam saat memasukan peti jenazah ke dalam mobil ambulans, Sabtu kemarin.

PRAYA – Pemerintah Indonesia melalui UPT BP2MI Provinsi NTB memfasilitasi pemulangan tujuh jenazah korban kapal tenggelam kapal di Johor Bahru, Malaysia, pekan lalu.  Kemarin ada empat jenazah PMI atau TKI merupakan korban kapal tenggelam asal Lombok Timur dan Lombok Tengah telah dipulangkan, keempatnya tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL) tepat pukul 09.00 WITA menggunakan Pesawat Lion Air JT656 rute Jakarta – Lombok.

Adapun identitas keempat jenazah TKI, Sopian asal Dusun Jongek, Desa Sukaraja Kecamatan Praya Timur. Kemudian tiga lainnya asal Lombok Timur yakni, Julia Ningsih berasal dari Dusun Sari Indah Desa Dasan Borok Kecamatan Suralaga, Herman asal Dusun Dasan Baru Desa Keruak Kecamatan Keruak, dan Juminah asal Dusun Aik Dewe Selatan Desa Aik Dewa, Kecamatan Pringgasela. Pemulangan keempat Jenazah TKI tersebut menyusul tiga jenazah lainnya, dimana telah dipulangkan sebelumnya (24/12) dari Lombok Tengah atas nama Bangsal Udin Basar asal Dusun Baleng Along, Desa Kawo Kecamatan Pujut dan Syech Mulachela asal Kampung Bhineka Desa Kopang Rembiga, Kecamatan Kopang dan Ahmad Abdullah Patoni asal Desa Kuang Baru Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur.

“Pemulangan tujuh jenazah ini dibagi dalam dua gelombang yang didampingi langsung oleh Direktorat PWNI dan BHI Kemlu RI, Yudhi Ardian. Kami menyatakan bahwa kesebelas jenazah yang dipulangkan ini, tujuh di antaranya merupakan warga NTB,”terangnya.

“Penanganan jenazah TKI korban kapal tenggelam ini sepenuhnya dibiayai oleh Pemerintah Indonesia,” sambungnya.

Dimana, ketujuh jenazah PMI korban kapal tenggelam diserahkan kepada pihak keluarga oleh Lismia Elita selaku Direktur Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Asia dan Afrika BP2MI di area cargo Bandara Lombok sebelum difasilitasi ke daerah asal.

Adapun ia menyatakan, fokus BP2MI saat ini selain memfasilitasi pemulangan para jenazah PMI adalah investigasi keberangkatan para PMI yang difasilitasi sindikat penempatan illegal PMI.

“Kami telah bentuk satgasnya,” tegas dia.

Terpisah, Ditreskrimum Polda NTB yang turut mengawal tujuh pemulangan jenazah TKI tersebut menyatakan siap mendukung upaya BP2MI untuk melakukan investigasi, bahkan telah intens berkoordinasi dengan UPT BP2MI Provinsi NTB sejak menerima informasi adanya musibah kapal tenggelam di Tanjung Balau, Johor.

“Polisi siap dukung,” kata Kepala UPT BP2MI Provinsi NTB, Abri Danar Prabawa.(rls/tim)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *