Mengintip Isi Gedung Satpas Milik Polres Lombok Barat

  • Bagikan
F BOK SIM
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA RESMIKAN: Kapolres Lobar AKBP Wirasto Adi Nugroho bersama Sekda Lobar H Baehaqi saat melihat ruangan gedung Satpas Polres Lobar setelah diresmikan, Sabtu (25/12) lalu.

Berikan Pelayanan SIM Ala Suasana di Bank

Kapolda NTB secara virtual baru saja meresmikan gedung Satpas milik Polres Lobar untuk pelayanan pembuatan SIM. Apa saja fasilitas yang ada di gedung senilai Rp 8 miliar itu? Berikut liputannya.

WINDY DHARMA-LOMBOK BARAT

PELAYANAN cepat dan nyaman akan didapatkan masyarakat Lombok Barat (Lobar) ketika membuat Surat Izin Mengemudi (SIM). Terhitung mulai Sabtu (25/12) lalu, Gedung Satuan Penyelanggara Administrasi (Satpas) SIM Prototype Polres Lobar sudah bisa dioperasikan. Diresmikan secara virtual oleh Kapolda NTB Irjen Pol M Iqbal, bangunan senilai Rp 8 miliar lebih itu memiliki sejumlah fasilitas yang nyaman untuk masyarakat yang sedang mengurus SIM. Tampak dari luar, bangunan berwarna putih dan biru terkesan elegan. Tangga dan jalur difabel tersedia untuk memasuki bangunan itu. Sejuk terasa ketika pintu kaca dibuka. Seluruh ruangan dilengkapi pendingin ruangan. Serupa ruangan pelayanan bank, terdapat meja administrasi yang berbeda. Ruang tunggu terasa nyaman bagi orang tua yang membawa anak karena ada ruang tunggu anak dilengkapi mainan. Setelah mengurus administrasi pembuat SIM, pemohon akan naik ke lantai dua untuk memasuki ruang ujian dengan fasilitas komputer. Barulah pemohon akan mengikuti tes mengemudi yang ada tak jauh dari gedung itu.

Kapolres Lobar, AKBP Wirasto Adi Nugroho mengatakan dengan Satpas SIM Prototype ini, pelayanan SIM di Polres Lombok Barat harus lebih cepat dengan menggunakan teknologi yang lebih canggih dan modern. “Artinya, dalam pelayanan SIM tersebut harus lebih cepat, lebih mudah dan transparan. Bahkan nanti akan menerapkan teknologi,” ucapnya.

Dengan adanya pelayanan ini, tidak ada lagi masyarakat yang menggunakan calo dan lain sebagainya. Meski diakuinya peralatannya belum lengkap, namun secara bertahap akan disediakan. “Kalau sudah oke semua, harapannya pelayanan SIM di Polres Lombok Barat ini tentunya bisa lebih mudah dan bisa dinikmati oleh masyarakat kita secara transparan,” bebernya.

Selain juga demi memudahkan masyarakat menikmati program Mabes Polri melalui aplikasi SINAR, yang memungkinkan masyarakat mendaftar SIM secara online. “Dengan aplikasi SINAR, masyarakat sudah bisa mendaftar secara online, kemudian dari pendaftaran itu dia bisa mendatangi Satpas SIM terdekat untuk mendapatkan pelayanan,” jelasnya.

Di Satpas SIM ini akan dilengkapi dengan FIFO (First In First Out), sehingga dipastikan tidak ada aksi calo terkait pelayanan SIM di Polres Lobar. “Jangan sampai nanti yang datang duluan, ada yang masuk menggunakan calo dan lain sebagainya. Melalui FIFO ini, dipastikan hal tersebut tidak akan terjadi,” katanya.

Kapolres menegaskan bahwa penggunaan teknologi ini, untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan  atau pungli di lapangan. Setiap ruangan dilengkapi dengan AC, kemudian dilengkapi juga ruang bermain anak, tempat bagi disabilitas dan pelayanan ujian teori dalam satu tempat.

“Harapannya masyarakat merasa semakin puas dengan pelayanan SIM di Polres Lombok Barat,” tandasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *