RadarMandalika-Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu 2024.

Hasilnya, elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sudah tembus 50,7 persen. Dengan hasil survei itu, pasangan Capres Cawapres Prabowo-Gibran unggul dari pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

“Elektabilitas Prabowo-Gibran sudah mencapai atau sudah melewati magic number untuk 1 putaran yaitu di angka 50,7 persen,” kata peneliti LSI Denny JA, Adjie Al Faraby dalam konferensi pers virtual, Selasa (30/1).

Survei terbaru ini dilakukan pada 16-26 Januari 2024. Metodenya multistage random sampling dengan 1.200 responden dengan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Berikut hasilnya:

Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar: 22 persen

Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming: 50,7 persen

Ganjar Pranowo-Mahfud MD: 19,7 persen

Tidak sah: 0,7 persen

Belum memilih/rahasia/tidak tahu: 6,9 persen

LSI Denny JA juga memprediksi paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang satu putaran jika tren kenaikan elektabilitasnya terjaga dan konsisten.

“Kalau tren kenaikannya minimal konsisten 4-5 persen saja, maka kita bisa memprediksi dengan tren kenaikan terjaga dan konsisten, maka memang potensi satu putaran sangat terbuka lebar,” ungkap Adjie.(red)



50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 203

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *