Sukses Pengamanan WSBK, Kapolda dan Danrem Diganti

  • Bagikan
F Kapolda danrem
IST/RADAR MANDALIKA KOMPAK: Kapolda NTB, Irjen Pol M Iqbal dan Danrem 162 WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani.

MATARAM – Setelah sukses melakukan pengamanan super di event world superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika November 2021. Mendadak beredar luas informasi mutasi yang menyasar ke Kapolda NTB, Irjen Pol M Iqbal dan Danrem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani.

Dimana, pergantian posisi Kapolda NTB sesuai surat Telegram Kapolri 17 Desember pekan lalu. Sementara Posisi Danrem NTB juga sesuai surat Panglima TNI tertanggal 6 Desember 2021.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan surat telegram pergantian posisi dan komposisi pejabat di tubuh Polri. Salah satu isinya memindahtugaskan Kapolda NTB, Irjen Pol M Iqbal. Iqbal kemudian ditugaskan menjadi Kapolda Riau.

Sementara Irjen Pol Agung Setya yang sebelumnya menjadi Kapolda Riau diangkat menjadi Asops Kapolri. Surat telegram yang diterima Radar Mandalika menyebutkan, posisi Kapolda NTB akan digantikan oleh Brigjen Djoko Poerwanto yang kini menjabat Dirtipidkor Bareskrim Polri.

Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto membenarkan surat telegram tersebut. Setelah adanya mutasi tersebut tentu akan dilakukan pisah sambut dan serah terima Kapolda NTB yang baru. Artanto mengatakan pihaknya masih menunggu petunjuk selanjutnya dari Polri. Sebab yang akan melantik lansung Kapolri.

“Masih menunggu petunjuk Mabes Polri karena yang melantik adalah Kapolri,” singkat Artanto.

Meski telah dimutasi, kursi Kapolda NTB saat ini masih tetap diduduki Iqbal. Proses pengesahan Kapolda baru setelah dilantik. “Sekarang masih Kapolda,” jawabnya.

Dalam telegram tersebut juga, Kapolri melakukan mutasi terhadap sejumlah petinggi Polri yang akan memasuki masa pensiun. Di antaranya adalah, Komjen Firli Bahuri yang penugasan Ketua KPK sebagai pati Bareskrim Polri dalam rangka pensiun.

Komisaris Jenderal Firli Bahuri menjadi perwira tinggi di Badan Reserse Kriminal Polri. Mutasi ini dilakukan karena Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi itu sudah memasuki masa pensiun.

Sebelumnya, Firli menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Barhakam Polri dengan penugasan sebagai Ketua KPK. Firli memang sudah memasuki usia 58 tahun pada 8 November 2021. Umur tersebut merupakan batas usia pensiun di kepolisian. Meski di mutasi Firli tetap sebagai ketua KPK.

Sementara itu, Danrem 162/WB, Ahmad Rizal Ramdhani berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI. Dimana Rizal akan diganti oleh putra asli Lombok Tengah, Kolonel CZI Lalu Rudy Irham Srigede yang saat ini menjabat sebagai Pamen Denmabesad. Informasi ini pun dibenarkan pejabat Danrem yang enggan dikorankan namanya.”Belum Sertijab. Masih pejabat lama,” katanya.(jho)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *