SPAM Mandalika Butuh 200 Miliar

F batujai 6 scaled

FOTO DIKI WAHYUDI/RADAR MANDALIKA INDAH: Alat berat penghancur eceng gondok terlihat parkir di tengah genangan air Bendungan Batujai.

PRAYA—Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Mandalika di Bendungan Pengga, Desa Pelambik, Kecamatan Praya Barat Daya akan dikerjakan tahun ini.

Direktur Utama PDAM Loteng, HL Kitab menuturkan, pembangunan SPAM Mandalika di Bendungan Pengga akan dikerjakan tahun ini oleh pemerintah pusat. 

“Saat ini sudah dalam tahap tender di pusat,” katanya saat di temui kantor Bupati Loteng, kemarin.

Kitab menegaskan, pembangunan SPAM air ini tujuannya untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan perhelatan Sirkuit MotoGP mendatang.

“Selain untuk masyarakat, air bersih dari SPAM ini akan dibawa ke KEK Mandalika,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya tidak mengetahui pasti berapa jumlah anggaran untuk pembangunan SPAM tersebut. Hal itu, karena proyek itu langsung ditangani oleh pemerintah pusat.  Hanya saja, pihaknya memperkirakan anggaran untuk membangun SPAM ini akan menghabiskan dana sekitar Rp 200 miliar lebih.

 “Proyek SPAM ini diproyeksikan harus tuntas pada bulan Oktober tahun ini,” ungkapnya.

Ia mengaku, SPAM ini nantinya akan menyuplai air ke KEK Mandalika sebesar 200 liter per detik.  Sedangkan untuk masyarakat sebanyak  50 liter per detik. 

“Semuanya sudah kami hitung. Kami akan sangat terbantu dengan adanya SPAM ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Loteng, Lalu Firman Wijaya menyatakan, penyaluran air bersih dari SPAM Bendungan Pengga ini akan melalui jalur Desa Penujak, kemudian menuju Ilira Hotel, kemudian menuju depan bandara dan akan mengikuti pembangunan jalan tol yang menuju KEK Mandalika.

“Kalau untuk jalur air menuju KEK Mandalika sudah kita petakan.  Pipanya nanti tidak mengganggu lahan milik masyarakat,” ucapnya.

Ia optimis, keberadaan SPAM ini akan mampu untuk memenuhi kebutuhan air bersih di KEK Mandalika  dan kebutuhan untuk perhetalan MotoGP mendatang.

“Semua tidak ada masalah di lapangan. Tinggal dibangun saja,” tuturnya. (jay)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Penyaluran Bantuan Seribu Sapi Belum Tuntas, Ada Apa?

Read Next

Melihat Upaya Pemkab Lotim Tingkatkan Pelayanan Kesehatan untuk Masyarakat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *