Penyaluran Bantuan Seribu Sapi Belum Tuntas, Ada Apa?

20210217 061600

KHOTIM/RADARMANDALIKA.ID SAPI: Seorang warga saat memberikan pakan sapi bantuan.

PRAYA – Desa penerima program desa seribu sapi, para kepala desa (Kades) sempat diundang pemprov NTB untuk melakukan rapat koordinasi (rakor) terkait program dari Kementerian Pertanian yang diterima.

Diketahui, program bantuan desa seribu ekor sapi di lima desa penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Di antaranya, Desa Mertak, Desa Pengengat, Desa Sukadana, Desa Truwai dan Desa Bangket Parak dengan masing-masing desa mendapatkan kuota 200 ekor. Dalam kontraknya, program tersebut akan rampung di Desember 2020, namun dilakukannnya perpanjangan kontrak hingga Januari 2021. Tapi sayang, sampai sekarang belum tuntas penyalurannya.

Kades Truwai, M Arta kepada Radarmandalika.id group mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi akan adanya penyaluran sapi pada bulan Maret. Namun pada rakor ia tidak hadir karena kurang sehat.

“Saat kegiatan rakor saya tidak bisa hadiri, tapi ini informasi saya terima,” katanya.

Kades mengaku, di wilayahnya mendapatkan bantuan sapi sekitar 50 ekor, kendati demikian ia tidak bisa mengatakan apa-apa mengingat sebagai penerima program.

Terpisah, Kades Pengengat, Sudiman mengaku ikut rakor di Dinas Pertanian dan Peternakan provinsi NTB. Dia mengatakan, tidak ada informasi dari kelompok penerima bantuan ke pihak desa soal kendala di bawah.

“Kami hanya sekadar mengetahui bagaimana perkembangannya saja,” kata kades.

Pria yang baru dilantik tiga minggu ini mengaku, bahwa di Desa Pengegat baru hanya sekitar 100 ekor sapi yang diterima. Informasi yang dibeberkan dari hasil rakor tersebut yakni, saat ini sapi yang akan dikirim ke Lombok sudah dikarantiana dan tinggal menunggu pendistribusian, yakni sapi Asal Singasari.

“Soal jumlah dan waktu pendistribusian saya tidak tahu – menahu,” jawabnya.

Pemdes bersama masyarakat tetap bersyukur ada bantuan dari pemerintah, dengan harapan semoga kedepan masyarakat bisa lebih maju, mandiri dan sejahtera dengan program tersebut. (tim)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Alhamdulillah, 441 P3K Terima SK

Read Next

SPAM Mandalika Butuh 200 Miliar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *