Sekda Harus Sejalan dengan Pathul-Nursiah

1623344851226

IST/RADAR MANDALIKA DARI KANAN: Ketua LSM Laskar NTB, Agus Setiawan dan kiri Ketua LSM Formapi NTB, Ikhsan Ramdani.

PRAYA-Sejumlah aktivis di Lombok Tengah memberikan pandangan mereka terkait sekda akan datang. Sekda nantinya diminta harus sejalan dengan Bupati-Wakil Bupati HL Pathul Bahri-HM Nursiah.
Ketua umum LSM Laskar NTB, Agus Setiawan menegaskan, ia tidak memiliki pandangan yang sama dengan lembaga lainnya. Sebab, sekda merupakan jabatan tertinggi dalam struktur organisasi birokrasi. Termasuk sekda juga harus memiliki visi-misi jelas.
“Sekda harus sejalan dengan keinginan bupati-wakil bupati,” katanya via wa, tadi malam.
Agus menerangkan, pandangannya soal sekda nantinya ada tiga hal. Sekda itu bisa mengeksekusi keinginan bupati secara maksimal, sekda adalah yang bisa jadi eksekutor. Sekda juga tentu orang yang mampu memimpin secara maksimal tanpa takut dengan tekanan-tekanan atau intervensi kelompok-kelompok yang merusak.
“Ketiga sekda ini sebagai salah satu orang terdepan bisa memfasilitasi keinginan masyarakat, pemerintah sampai ke atas. Dia (Sekda, red) tidak boleh menjadi boneka,” sebutnya.
Selain itu kata Agus, Sekda juga harus memiliki kretifitas tinggi dalam memikirkan kondisi birokrasi dan termasuk bupati-wabup. “Kita harapkan sekda yang berintegritas, loyalitas tinggi kepada pimpinan dari atas sampai ke bawah,” harapnya.
Menurut Agus, masyarakat menginginkan sekda punya peran maksimal. Katanya, sekda harus cerdas dan punya ide cemerlang. Sekda harus tegas dalam menghadapi intervensi politik dan siapa saja. Sehingga bisa memberikan pelayanan maksimal.
“Sekda harus mampu membuat system birokrasi baik untuk masyarakat dan mampu memberikan bantuan kepada bupati-wabup menjalankan keinginannya,” sebutnya.
“Kita melihat beberapa terakhir fungsi sekda lemah. Sekda harus aktif sejalan dengan kebijakan bupati. Dia tidak boleh tertinggal. Sekda harus berani tampil tegas ke public,” pintanya.
Sementara itu, Ketua LSM Formapi NTB, Ihksan Ramdani menegaskan, public harus percaya dengan keberadaan tim panitia seleksi. Pansel juga bisa bekerja secara professional. “Calon ini merupakan putra-putri terbaik Lombok Tengah. Tiga nama yang akan dikirim nanti ke bupati, gubernur dan mendagri kami yakin ada pilihan yang terbaik bupati juga,” kata Dani.
Disamping itu, ada pun enam calon Sekda saat ini. L Firman Wijaya, L Rahadian, Baiq Aluh Windayu, HL Idham Khalid, Ikhsan dan L Aknal Afandi.
Sementara, sampai saat ini baru L Firman Wijaya sudah membeberkan visi-misi menjadi sekda. Firman telah menyatakan kesiapannya menjadi PATIH Pathul-Nursiah.(red)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Kartu Sehat Maiq-Meres Segera Diluncurkan

Read Next

Pemasangan Fiber Optik Ditarget Tuntas September

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *