Sandiaga Diutus Jokowi Cek Kesiapan MotoGP

F Sandiaga Uno

KHOTIMAH/RADARMANDALIKA.ID TURUN PERDANA: Menparekraf RI, Dr. Sandiaga Salahudin Uno saat melihat hasil kerajinan yang siap dipasarkan para UMKM, Sabtu kemarin.

PRAYA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja (Kunker) perdana ke NTB. Sandiaga datang ke Lombok Tengah diutus Presiden RI, Joko Widodo untuk melihat kesiapan jelang perhelatan MotoGP di Mandalika Oktober 2021.

Selain itu, Sandiaga juga tegas memastikan kesiapan perhelatan MotoGP di Mandalika. Demikian juga memastikan pelibatan Usaha Kecil Menengag (UKM) pada Oktober 2021 mendatang.

Dalam Kunker Menparekraf selama dua hari, yakni Jumat dan Sabtu kemarin. Sandiaga didampingi Gubernur NTB Zulkifelimensyah, para pejabat pemprov dan pejabat Lombok Tengah berkunjung ke beberapa desa wisata. Misalnya, Desa Bilebante, Kecamatan Pringgarata Pasar Pancingan tepatnya. Termasuk juga ke Desa Sukarara, Kecamatan Jonggat sebagai sentral kain tenun. Tidak hanya disitu, dilanutkan juga ke Desa Adat Sade di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, dan terkahir ke Gerupuk Desa Sengkol.

Sandiaga menyampaikan, dimana pada even internasional yang sebentar lagi akan dilaksanakan, pihaknya telah meninjau baik kesiapan bandara, sirkuit, fasilitas penunjang, dan beberapa desa wisata yang akan meramaikan dan mensukseskan even tersebut.

“Yang terpenting para UKM yang ikut berpartisipasi terlibat aktif dan diakomodir dalam even tersebut. Saya katakan Mandalika dan Indonesia ready untuk MotoGp 2021, optimis sukses akan terlaksana dengan sukses,” yakin pria yang pernah jadi cawapres ini.

Sandiaga Uno juga melakukan pengecekan protokol kesehatan di areal wisata, mengingat tidak boleh adanya sikap abai  dan harus terus mengutamakan protocol kesehatan.

Sandiaga menyebutkan, bahwa ITDC dan pemerintah harus berpihak kepada masyarakat, supaya pelaku UMKM di tata dan dibina dengan baik, dan terus dimotivasi supaya dapat merasakan peningkatan bisnis seiring perhelatan motoGP Oktober.

“Programnya terus beradaptasi dan kolaborasi dimasa pandemi, kita gabungkan semua program yang sudah berjalan, menjadi tiga

program bedakan, hibah design , dan program akselerasi berharap dapat meningkatkan kualitas produk pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan ekonomi kreatif Mandalika,” pesannya.

Sementara itu, Gubernur NTB Dr.H.Zulkieflimansyah membenarkan bahwa, Presiden Jokowi telah memberikan arahan kepada Menparekraf untuk mensukseskan event MotoGP.

Kementerian Pariwisata, kata Bang Zul, selain mensukseskan MotoGP, tentu akan membuat event-event besar sebelum MotoGP. Karena menurutnya, salah satu cara mendongkrak perekonomian masyarakat adalah dengan memperbanyak event yang melibatkan masyarakat.

Menyinggung keberadaan motor listrik, Gubernur di hadapan Menparekraf menjelaskan, bahwa motor listrik ini merupakan produk-produk kreatif anak muda NTB. Motor listrik hadir di NTB juga sebagai salah satu langkah untuk menghadapi gelaran MotoGP di Lombok. Moment dunia MotoGP juga sebagai unjuk kompetensi atas kemampuan anak-anak muda kreatif NTB untuk bisa bersaing dengan dunia luar.

“Iya itu tujuan pak menteri ke NTB,” kata Bang Zul.(tim/rif/jho)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Bau Nyale Diputuskan 3-4 Maret

Read Next

Heboh, Ditemukan Mayat di Pantai Pemalikan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *