PRAYA – Polres Lombok Tengah ikuti kegiatan penanaman pohon secara serentak yang merupakan program Kapolri dengan tema “Polri lestarikan Negeri, penghijauan sejak dini” yang dipimpin langsung Kapolri bersama para kepala Kepolisian ASEAN (Ketua AMMTC dan Ketua SOMTC) di Pulau Rinca, Kabuapaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Rabu (23/8/2023).

Penanaman pohon secara serentak tersebut dilakukan oleh Polres Lombok Tengah di Sirkuit Motocross Internasional 459 Lantan, Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah. Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres yang diwakili oleh Kabag Sumda, PJU, Kapolsek jajaran dan personel Polres Lombok Tengah.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Lombok Tengah, HL Fathul Bahri, Danramil Batukliang Utara serta personel TNI Kodim 1620/Loteng, Camat Batukliang Utara, Kades Lantan Erwandi, BPD dan masyarakat sekitar lokasi.

Kapolres Lombok Tengah, AKBP Iwan Hidayat melalui Kabag Sumda Polres Lombok Tengah mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan gelombang kedua yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Polres Lombok Tengah sendiri akan menanam kurang lebih 300 bibit pohon untuk menghijaukan lingkungan,” katanya.

Kapolres Lombok Tengah melalui Kabag Sumda mengajak seluruh masyarakat untuk menggalakkan kegiatan tersebut dan mensosialisasikannya kepada masyarakat. “Mengingat jumlah populasi pohon sudah mulai berkurang yang diakibatkan oleh penebangan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” jelasnya.

Ia mewakili Kapolres mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta kegiatan, baik dari TNI, Polri, Pemda maupun masyarakat yang telah mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon di seputaran areal Sirkuit Motorcross Internasional 459 Lantan oleh Bupati Loteng, Waka Polres Loteng, PJU, dan Stakeholder lainnya. Serta dilanjutkan dengan giat zoom hybrid yang diikuti oleh Waka Polres Loteng, PJU, Kapolsek, Stakeholder dan seluruh personil Polres Loteng.

Sementara itu, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1620 Loteng, Mayor Inf Lalu Muhammad Syukur mengatakan, dengan mengambil langkah kongkrit melibatkan diri dalam penanaman ribuan pohon bersama instansi terkait dalam upaya memperkuat kembali lingkungan alam yang semakin terdegradasi.

“Ribuan pohon alpukat ditanam dengan tujuan untuk mengembalikan dan memperkuat ekosistem hutan yang sangat berperan penting dalam menjaga siklus air, menyediakan habitat bagi tempat hidup beragam makhluk hidup,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kegiatan tersebut adalah langkah positif untuk mendukung program pemerintah dalam melakukan penghijauan dan perlindungan lingkungan. Selain itu, partisipasi aktif dari TNI juga bertujuan untuk mempererat hubungan antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat, serta mengajarkan nilai-nilai kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Kolaborasi turut serta lansung dengan berbagai pihak dalam melakukan aksi penanaman pohon di hutan adalah bagian dari komitmen untuk menjaga kelestarian hutan dan mengurangi dampak deforestasi yang dapat merusak ekosistem alam,” ucapnya.

Sehingga selain aspek lingkungan, juga tercipta dampak sosial positif. Kolaborasi antara pihak TNI Kodim 1620 Loteng, pemerintah daerah, dan masyarakat merupakan contoh sinergi yang mengarah pada upaya konservasi yang lebih efektif.

Melalui langkah ini ia berharap dapat menjadi inspirasi bagi komunitas lainnya dalam menjaga dan melestarikan hutan. Keterlibatan berbagai pihak, termasuk TNI, dalam upaya pelestarian lingkungan adalah langkah positif menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

Selain itu, penanaman ribuan pohon keras tidak hanya berdampak jangka pendek, tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang bagi kelestarian hutan dan kehidupan di bumi yang merupakan sumber kehidupan utama manusia. (tim)

100% LikesVS
0% Dislikes
Post Views : 945

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *