Penumpang Pelabuhan Lembar Naik 200 Persen

F PENYEBRANGAN

IST/RADAR MANDALIKA LONJAKAN: Petugas ASDP saat melakukan pemeriksaan bagi penumpang yang akan memasuki kapal di Pelabuhan Lembar, kemarin.

LOBAR— Penumpang di Pelabuhan Lembar meningkat 200 persen dari hari bias jelang diberlakukannya larangan mudik pada 6-16 Mei mendatang. Seperti diketahui pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan resmi melarang mudik lebaran tahun ini.
Namun larangan itu nampaknya tak terlalu membuat masyarakat perantauan pantang menyerah. Banyak masyarakat memilih mudik lebih awal sebelum tanggal larangan itu diberlakukan.
“Ada peningkatan penumpang hampir 200 persen,” ungkap Manajer Operasional PT ASDP Pelabuhan Lembar, Samiun Akbar kepada wartawan, kemarin (3/5).
Peningkatan itu terjadi pada penumpang yang datang maupun keluar dari Pelabuhan Lembar. Yang biasanya jarang ada penumpang meningkat menjadi sekitar 200 orang perharinya. Arus mudik lebih awal di Pelabuhan Lembar menjadi perhatian serius pihak ASDP. Pihaknya pun memperketat protokol kesehatan bagi para penumpang yang datang dan pergi dengan melakukan rapid test.
“Prokes tetap, rapid test bagi setiap penumpang wajib diberlakukan di Pelabuhan Lembar,” tegas Samiun.
Sebaliknya untuk angkutan truk logistik, Samiun mengaku justru mengalami penurunan sekitar 15 persen. Disebabkan sudah diberlakukannya pelabuhan Gili Mas. “Karena truk tidak hanya melalui Pelabuhan Lembar, tetapi juga Pelabuhan Gili Mas,” imbuhnya.
Bagaimana antisipasi lonjakan penumpang jelang 6 Mei? Ia megatakan pihak PT. ASDP telah menyiapkan 33 armada kapal. Jika sebelumnya kapal standby hanya 32 unit dikarenakan 1 unit sedang perawatan atau doking, kini kapal tersebut sudah beroperasi kembali sehingga menjadi 33 armada.
Diperkirakan lonjakan penumpang akan terjadi pada 5 Mei atau sebelum diberlakukannya larangan mudik tersebut. “Dari 33 kapal itu, sebanyak 18 kapal yang nanti melayani penumpang yang akan beroperasi sesuai jadwal untuk rute Lembar-Padangbai dan 6 unit armada untuk rute Lembar-Ketapang,” pungkasnya. (win)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Pecat Kadus Montong Sapah I, PPDI Keberatan

Read Next

Jaksa Siapkan Tim Usut Proyek RTG di Lombok Tengah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *