Pathul-Nursiah Siap Ladeni Gugatan Masrun-Habib

f hasan

BUYUNG/RADAR MANDALIKA Hasan Masad

PRAYA –  Gugatan yang dilayangkan paslon nomor urut 3, Masrun-Habib ke Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya ditanggapi tim pemenangan Maiq-Meres, Hasan Masad. Hasan menilai ada banyak protes yang dipersoalkan oleh paslon nomor urut 3. Contohnya, dugaan kaitan dengan proses dari tahapan yang ada, kemudian ada juga dugaan intervensi dari perangkat pemerintah (Bupati, Dinas, dan seterusnya, red) yang ikut mengkampanyekan paslon dan sebagainya.

Menurutnya, hal tersebut sah saja dilakukan. Pasalnya, gugatan tersebut memang bagian dari hak konstitusi dari semua paslon, maka dari itu silakan saja mengajukan keberatan maupun sengketa kepada mahkamah konstitusi. Namun, menurutnya persoalan tersebut mustinya masuk dalam ranah yang semestinya dapat diselesaikan di tingkat Bawaslu dan Gakkumdu, dan tidak perlu dibawa ke MK . Terlepas dari hal itu, dirinya juga tidak mempermasalahkan kaitan gugatan tersebut dibawa ke ranah MK, yang jelas tim Maiq-Meres sebagai pihak terkait siap menghadapi gugatan tersebut.

 “Dalam hal ini yang digugat adalah penyelenggara (KPU, red). Kalau kita sebagai pihak terkait yang nantinya dimintai keterangan oleh MK siap sedia,” ujarnya.

Hasan menyebutkan, persoalan sengketa hasil maupun proses yang diajukan, dirinya mengajak pihak penggugat untuk fear dengan tetap menjunjung demokrasi dan menjalankan mekanisme hukum yang ada. Pada prinsipnya pihaknya siap melayani gugatan dan dalam hal ini tim maiq meres juga menaruh kepercayaan sangat tinggi atas apa yang telah dikerjaan oleh KPU Loteng. Kalaupun ada permasalahan yang timbul ditahapan yang ada, semestinya hal tersebut sudah diselesaikan oleh bawaslu sebelumnya.

“Kalau proses mestinya diselesaikan di Bawaslu. Artinya, baik itu tahapan pleno maupun proses pemilihan, mustinya diselesaikan langsung kemarin,” katanya.

Ia melanjutkan, kalaupun ada persoalan yang terlewat dan tidak dituntaskan pada saat tahapan kemarin berlangsung, tentunya nantinya pihak penyelenggara baik dari Bawaslu maupun KPU musti memberikan penjelasan dan tanggapan kaitan dengan gugatan yang ada nantinya.

Dia menyebutkan, kalau dari hitungan persentase hasil kemarin, gugatan hasil ini semestinya tidak patut untuk digugat. Pasalnya, perolehan suara paslon Maiq-Meres dengan yang lain terbilang cukup jauh.

“Saya yakin MK punya putusan terbaik kaitan dengan hal ini. karena informasi yang saya dengar gugatan tersebut masih masuk dalam tahapan administrasi. Jadi belum di sidang, kalau sudah masuk pembahasan perkara baru kita tau hasilnya,” sebutnya.

Dirinya mengatakan, paslon Maiq Meres yang berperan sebagai pihak terkait sampai saat ini belum mendapat undangan dari MK, yang nantinya dititipkan di KPU kaitan dengan kelanjutan persoalan gugatan tersebut.  Oleh karena itu, dirinya juga berharap Bawaslu dan KPU segera melakukan konsolidasi kaitan dengan persoalan yang telah diajukan sebagai materi gugatan. (buy)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

PKS Targetkan ‘Kursi Gemuk’ di DPRD Loteng

Read Next

Akses Keluar Masuk Ditembok Gara-gara Tidak Bisa Bayar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *