Nama Ibnu Salim Mencuat, Dikabarkan Maju Pilkada Lobar

F Ibnu Salim

JHONI SUTANGGA/RADAR MANDALIKA Ibnu Salim

MATARAM – Periode kepemimpinan H Fauzan Khalid-Hj Sumiatun menjadi Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat tidak lama lagi akan berakhir. Pada tahun 2023. Sejumlah nama figure pun mulai mencuat ke permukaan. Salah satunya yang santer, Inspektur Inspektorat NTB, Ibnu Salim. Ibnu dikabarkan akan tampil di Pilkada mendatang.

Ibnu dikabarkan salah satu figure yang layak menjadi bupati. Dia dengan segudang pengalaman di birokrasi, diyakini akan mampu merubah Lombok Barat kearah lebih maju lagi.

“Inya Allah beliau akan maju di Lombok Barat,” ungkap salah satu orang dekat Ibnu Salim yang tidak mau dikorankan namanya.

“Saya pikir kalau dibilang kepagian bicara tentang Pilbup nggak juga, politik itu butuh investasi sosial, dan itu semakin lama dipersiapkan semakin baik,” sambung pengamat politik UIN Mataram, Ihsan Hamid kepada media.

Ihsan mencontohkan semisal di Jakarta yang ‘drama’ politiknya bahkan sudah menggebu lebih dahulu.  “Risma ditarik PDIP ke Jakarta jadi Mensos, lalu memproduksi banyak konten aksi sosial di ibu kota ya dalam rangka kerja-kerja politik menguasai ibu kota,” ulasnya.

Demikian halnya juga untuk Pilpres yang bahkan api dan bara isunya terus dijaga sekalipun sudah ada yang terpilih. “Sampai Pilpres berikutnya selama lima tahun isu dipelihara,” ujarnya.

Sehingga menjelang waktu pendaftaran pemilihan nantinya, sudah tidak mengulas lagi tokoh yang bakal tampil, tetapi lebih mengerucut ke kendaraan politik.

“Yang tidak tepat itu, kita sekarang membahas kendaraan politik, itu yang terlalu dini,” ujarnya.

Karenanya jika beberapa figur mulai diperbincangkan dalam Pilbup, inilah waktu yang dinilai tepat membacanya.

“Seperti Bupati Fauzan misalnya yang terlihat mulai mempersiapkan panggung-panggung untuk istrinya tampil dan dikenal masyarakat luas,” sebutnya.

Ihsan melihat, Fauzan terlihat serius mempersiapkan istrinya, Hj Khaeratun sebagai calon Bupati Lobar. Selain itu yang dinilai tidak akan alpa tampil adalah Wakil Bupati Lobar, Hj Sumiatun.

“Dia tidak mungkin tidak, setiap orang yang punya naluri politisi sejati pasti menginginkan panggung yang lebih tinggi dan itu alamiah, maka di sini saya yakin Sumiatun pasti tampil juga,” ujarnya.

Beberapa nama politisi yang diperbincangkan di kalangan partai politik antara lain. Mantan Ketua DPRD NTB yang juga politisi Golkar NTB H Umar Said, Anggota DPRD NTB sekaligus politisi NasDem Multazam. Berikutnya, Anggota DPRD NTB sekaligus Ketua DPD Demokrat NTB TGH Mahally Fikri, Anggota DPRD NTB dari fraksi Gerindra Nauvar Furqani Farinduan yang juga putra mantan Bupati Lobar H Zaini Arony.

“Nama-nama itu sudah mulai didiskusikan elite parpol di NTB,” ulasnya.

Lalu di kalangan birokrat baru satu nama yang terlihat muncul dan cukup terdengar nyaring namanya di bahas. “Kepala Inspektorat NTB (Ibnu Salim),” ungkapnya.

Pengajar ilmu politik itu melihat masih ada peluang nama-nama bertambah. Bahkan jika tidak konsisten menjaga ritme bisa saja dari nama yang ada di atas ada yang tenggelam.

“Baru itu yang terlihat menonjol di permukaan saat ini,” ulasnya.

Terpisah, Inspektur Inspektorat NTB Ibnu Salim saat dimintai tanggapan lebih banyak menjawab dengan tersenyum. “Fokus menjalankan tugas dulu,” katanya.

Didesak kembali dengan pertanyaan namanya yang mulai dilirik sejumlah elite parpol di NTB, mantan Dansat Pol PP NTB tetap belum mau mengomentari.

“Saya siap menjalankan tugas dan fungsi saya,” jawab singkatnya.(jho)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Pengkhianat, Sembilan Anggota Dewan Berkarya NTB Akan Didepak

Read Next

Polisi Akan Minta Pendapat Ahli

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *