PENUMPANG: Terlihat sejumlah penumpang di Bandara Lombok, Jumat (14/4).(KHOTIM/RADARMANDALIKA.ID)

PRAYA – PT Angkasa Pura I Bandara Lombok siap melayani pergerakan penumpang selama arus mudik Lebaran 2023. Baik dari sisi infrastruktur maupun layanan. Dengan telah tuntas-nya pengembangan bandara mulai dari perpanjangan runway, perluasan apron, serta perluasan terminal penumpang yang saat ini berkapasitas 7 juta penumpang per tahun.

“Infrastruktur Bandara Lombok siap melayani kebutuhan masyarakat yang hendak bepergian selama periode lebaran 2023,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Rahmat Adil Indrawan, belum lama ini.

Dari sisi layanan, untuk menghadapi potensi lonjakan pemudik di tahun ini, Bandara Lombok mengoperasikan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran 1444 H/2023 mulai 14 April hingga 2 Mei 2023. Posko yang beroperasi selama 19 hari ini akan melakukan pemantauan dan pengendalian untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan kepada para pengguna jasa Bandara Lombok selama periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

Sementara untuk personel disiapkan sebanyak 186 petugas per shift, yang terdiri dari 116 personel internal PT Angkasa Pura I dan 70 orang dari eksternal (TNI AD, TNI AU, Polri, Imigrasi, Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan).

Pada periode lebaran tahun ini, pihak Bandara Lombok memprediksi akan melayani sebanyak 91.908 penumpang atau meningkat 7 persen jika dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 85.664 penumpang. Sementara pergerakan pesawat diperkirakan ada 859 pergerakan atau meningkat 10 persen dibandingkan tahun 2022 lalu dengan 784 pergerakan pesawat.

“Kami memprediksi puncak pergerakan penumpang akan terjadi pada H-3 Lebaran atau tanggal 19 April 2023 dengan jumlah sekitar 6 ribu penumpang,” katanya.

Untuk penerbangan tambahan (extra flight) selama periode libur lebaran, Adil menyebut hingga saat ini baru satu maskapai penerbangan yang mengajukan. “Citilink mengajukan dua jadwal penerbangan tambahan, yaitu rute Lombok-Bali dan Bali-Lombok untuk tanggal 15-30 April 2023,” ujarnya.

Sebagai informasi, waktu operasional Bandara Lombok saat ini adalah 14 jam. Mulai pukul 06.00 hingga 20.00 WITA. Untuk rute penerbangan, ada enam rute penerbangan domestik dari Bandara Lombok tujuan Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Bima, dan Sumbawa Besar, yang dilayani maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Super Air Jet, dan Wings Air. Serta dua rute penerbangan internasional, yaitu Kuala Lumpur (Indonesia Air Asia) dan Singapura (Scoot).

Terkait persyaratan perjalanan dengan transportasi udara, sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan RI No. 82 Tahun 2022 tertanggal 29 Agustus 2022, pelaku perjalanan domestik berusia 18 tahun ke atas wajib telah mendapatkan vaksin dosis ketiga (booster), pelaku perjalanan domestik usia 6-17 tahun wajib telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua, dan pelaku perjalanan domestik berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin namun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan yang sudah memenuhi ketentuan vaksin.

“Diimbau kepada calon penumpang untuk memenuhi persyaratan tersebut demi kelancaran perjalanannya. Hingga saat ini, PT Angkasa Pura I Bandara Lombok bekerjasama dengan KKP Kelas II Mataram masih menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) gratis yang dapat dimanfaatkan oleh calon penumpang, yang berlokasi di area check-in terminal penumpang Bandara Lombok,” imbuh Adil.

Kemudian tren pergerakan penumpang dan pesawat jelang libur lebaran selama sepekan terakhir mendekati cuti bersama lebaran 2023, pergerakan penumpang sepanjang 7 hingga 13 April 2023 rata-rata tercatat 5.100 penumpang per hari. Pada pekan sebelumnya, tercatat ada 4.000 penumpang per hari, artinya ada peningkatan pergerakan penumpang sebesar 27 persen. Sedangkan pergerakan pesawat pada pekan ini rata-rata berjumlah 65 pergerakan pesawat per hari, atau meningkat 22 persen jika dibandingkan pada pekan sebelumnya yang berjumlah 53 pergerakan pesawat per hari.

Sementara untuk data lalu lintas angkutan udara sepanjang Triwulan I 2023 (Januari-Maret), Bandara Lombok mencatatkan peningkatan pergerakan penumpang pesawat udara sebesar 20 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pergerakan penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Lombok pada Triwulan I 2023 sebanyak 515.629 penumpang, sementara pada Triwulan I 2022 hanya tercatat 428.610 penumpang. Sementara pergerakan pesawat udara mengalami peningkatan sebesar 19 persen, dari 4.667 pergerakan pesawat pada Triwulan I 2022 menjadi 5.572 pergerakan pesawat pada Triwulan I 2023.(tim)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 289

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *