ARIF/RADARMANDALIKA.ID HADIR: Menag RI, Yaqut Cholil Qoumas dan Pastor Gereja Katolik St. Maria Immaculata, Romo Maryono di Gereja Katolik St. Maria Immaculata, Mataram, Senin (26/12/2022).

MATARAM – Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menghadiri perayaan Misa Natal 2022 di Gereja Katolik St. Maria Immaculata, Mataram, NTB, Senin (26/12/2022) malam. Gus Yaqut sapaan akrabnya menegaskan, keragaman agama menjadi salah satu ciri kodrati Bangsa Indonesia.

Menurutnya, negara Indonesia terbentuk dari adanya perbedaan-perbedaan. Termasuk perbedaan dalam beragama dan para pemeluknya. “Ciri kodrati bangsa ini adalah keragaman. Bangsa ini berdiri karena keragaman termasuk keragaman beragama,” katanya.

Gus Yaqut mengajak semua warga negara Indonesia untuk memahami keragaman. Jika ciri kodrati ini dipahami oleh seluruh warga Indonesia maka perbedaan berkeyakinan merupakan hal yang lumrah.

IMG 20221227 WA0051
Menag RI, Yaqut Cholil Qoumas

Bahkan Gus Yaqut menyakini jika perbedaan ini bisa menjadi salah satu modal Bangsa Indonesia untuk semakin kuat dibandingkan dengan bangsa dari negara lain. “Jika semua warga Indonesia memahami ciri kodrati bangsa ini maka perbedaan apapun yang kita miliki itu menjadi biasa saja (dan) justru menjadi modal kekuatan bangsa ini ke depan,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Yaqut mengucapkan selamat Hari Raya Natal tahun 2022 dan selamat menyambut Tahun Baru 2023 bagi yang merayakan.

IMG 20221227 WA0049

Pastor Gereja Katolik St. Maria Immaculata, Romo Maryono mengungkapkan, pihaknya merasa tersanjung. Tidak ada mimpi. Tapi Menag RI datang menyapa umat Katolik di Lombok.

“Sungguh kami tersanjung, mimpi apa kami semalam. Menyapa umat Katolik yang kecil di Lombok,” ungkapnya.

Disampaikan pula bahwa perayaan natal kali ini dapat berjalan tertib dan lancar atas kerjasama semua pihak. Baik pemerintah maupun masyarakat sekitar.

Perayaan Natal 2022 bertema “Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain”. “(Temanya) berjalan menuju ke tempat jalan lain. Jadi jalan yang lebih bagus, lebih optimis,” ujar Romo Maryono. (rif)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 361

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *