Menikmati Berwisata di Kampung Safari Lombok

F Bok 1 1

AHMAD ROHADI/RADAR MANDALIKA MENIKMATI: Wisatawan lokal yang nampak menikmati tempat wisata kampung safari Lombok, Sabtu sore pekan lalu.

Tonjolkan Konsep Wisata Keluarga, Setiap Hari Dibanjiri Pengunjung

Siapa yang tidak kenal Lombok Utara. Kabupaten yang berada di belahan Utara Pulau Lombok ini kaya akan sumber daya alam. Banyak pilihan tempat memanjakan keluarga di sana.

AHMAD ROHADI-LOMBOK UTARA

JIKA ingin berwisata alam, mendatangi Kabupaten Lombok Utara bisa menjadi pilihan. Di wilayah bagian utara pulau Lombok ini menyimpan banyak keindahan mulai dari pantai yang menawan, air terjun, dan wisata bukit yang terkesan mengagumkan akan keindahannya.

Setelah banyak muncul destinasi wisata di Lombok Utara, baru-baru ini muncul lagi tempat wisata menarik yang memikat hati para pengunjung yakni wisata perbukitan yang bernama Kampung Safari Lombok. Lokasinya terletak di Dusun Telok Dalem, Desa Medana, Kecamatan Tanjung.

“Saya baru pertama kali kesini, saya mengajak keluarga untuk datang. Ternyata tempatnya sangat mengesankan, kita bisa menyaksikan keindahan pantai tiga Gili dari bukit ini,” kata pengunjung Kampung Safari Lombok, Habli, Sabtu sore lalu.

Ia menyebut jika Lombok Utara menggembangkan potensi alamnya tentu sangat banyak yang bisa menjadi tempat rekreasi wisata. Namun selama ini perhatian ke arah tersebut dinilai masih kurang. Oleh karena itu ia pun mengapresiasi dengan dimaksimalkannya perbukitan ini oleh pemilik lahan menjadi tempat untuk berekreasi.
“Saya sengaja datang sore-sore karena di sini kita bisa menyaksikan sunset dari arah barat, dan suasananya pun enak tidak panas dari terik sinar matahari,” ujarnya.

Owner Kampung Safari Lombok, Imam Wahyudi menyampaikan jika tempat wisata perbukitan ini baru dibuka 4 hari yang lalu. Ia mengembangkan destinasi wisata ini dari lahan milik pribadi yang dimilikinya sekitar 8 hektare di tempat itu. “Konsepnya wisata keluarga,” ungkapnya.

Ia mengakui jika tempatnya baru dibuka dan dipromosikan melalui media sosial saja. Namun tidak disangka dari jejaring itu secara sontak menjadi viral dan banyak yang bertanya alamat dan sebagainya. “Dari awal buka hingga hari ini pengunjung sangat ramai. Aawal-awal itu ada ratusan, dan hari ini perkiraan sekitar 20 an pengunjung yang datang dari pagi hingga sore ini,” ungkapnya.

Di Kampung Safari Lombok, para pengunjung wisata disuguhkan dengan menu camping, spot selfi, tempat ayunan, serta layar lebar. Ke depannya ia berencana akan menambahkan menu lagi diantaranya outbond, kolam renang yang menghadap tiga gili, villa dan ATP. “Semuanya akan dipenuhi secara bertahap, arahnya kesana nanti sehingga masyarakat Lombok Utara tidak perlu berwisata ke tempat yang jauh karena di sini semua akan kita siapkan,” bebernya.

Saat ini untuk menikmati wisata di tempat tersebut diberikan secara free alias gratis kepada pengunjung. Namun jika ingin ngecamp maka pihaknya menyiapkan tenda peralatan tidur dan api unggun serta breakfast dengan tarif Rp 65 ribu per paket. “Untuk masuk dan parkir kita gratiskan, namun nanti ke depan jika sudah lengkap dengan fasilitas tambahan yang kita rencanakan baru akan kita tarifkan. Namun tidak mahal hanya Rp 5 ribu per orang,” ujarnya.

Ia mengakui di tengah pandemi Covid-19 bukan menjadi alasan untuk tidak berinovasi dalam mengembangkan usaha wisata seperti ini. Ia pun optimis usaha wisata yang dijalankan dapat berjalan. Karena ia menilai masyarakat tentu jenuh berdiam diri sehingga tentu sangat membutuhkan refreshing ke tempat-tempat yang baru dan indah. Pihaknya pun kata Imam menyesuaikan menu makanan yang disiapkan dengan harga yang terjangkau. Sehingga tidak menguras kantong untuk wisatawan lokal menikmati wisata sambil memesan menu makanan yang ada. “Saat ini kami baru mempekerjakan delapan karyawan, yang merupakan dari warga sekitar,” tutupnya.(*)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Kasus Penembakan Wartawan, Komnas HAM Perlu Bentuk Tim Pencari Fakta

Read Next

Lima Pemakai Narkoba Dibekuk

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *