Mengintip Kegiatan Kemping Pemuda Gemilang Desa Kabul

F bok

FOTO JHONI SUTANGGA/RADAR MANDALIKA BERSIHKAN: Para pemuda pemudi Gemilang saat bersih-bersih pantai di Pantai Torok Dusun Torok Desa Montong Ajan.

Dari Bersih-bersih Sampah Sampai Promosikan Keindahan Pantai

Puluhan Pemuda Gemilang Desa Kabul, Kecamatan Praya Barat Daya punya cara khusus mempromosikan objek pariwisata di Selatan Lombok Tengah. seperti apa ?

JHONI SUTANGGA – LOMBOK TENGAH

MEMAJUKAN destinasi pariwisata daerah merupakan tugas moril secara tidak langsung, apalagi destinasi wisata itu sangat indah. Khususnya di pantai Torok Desa Montong Ajan panorama pantainya fantastis, tidak jauh beda dengan pantau Kuta ataupun pantai Senggigi di Lombok Barat. Akses jalan ke lokasi sudah mulus.

Potret kegiatan pemuda Kabul, saat tiba di pantai Torok pengunjung akan dimanjakan dengan tiga berugak yang menghadap pantai langsung. Minggu pekan lalu, sekitar 50 Pemuda Gemilang melakukan camping di pantai Torok yang berlokasi di Kecamatan Praya Barat Daya. Kemah itu dibungkus dengan kegiatan malam keakraban. Ini merupakan kegiatan perdana Pemuda Gemilang. Meski kegiatan santai, namaun kemah itu juga dalam rangka mengenalkan pantai Torok kepada semua pihak. Sebab, pantai Torok pengelolaanya masih sangat minim padahal keindahannya membuat setiap orang akan terpesona.

“Kami camping sekaligus mengenalkan wisata pantai Torok,” kata Skretaris pemuda Gemilang Desa Kabul, Ahmad Yani.

Selama ini, kemah biasanya banyak dilakukan di pegunungan atau perbukitan tapi bagi Pemud Gemilang kemah sangat penting dilakukan di destinasi wisata pantai guna lebih memperkenalkan wisata daerah pada masyarakat umum. Apalagi pantai Torok pantai yang keindahannya membuat semua orang akan betah jika berkunjung.

“Saya kira ini jadi tugas kita bersama mempromosikan pariwasata kita, khususnya beberapa spot wisata di Praya Barat Daya ini,” ujarnya.

Pemuda Gemilang melangsung kemah mulai Sabtu hingga minggu. Malamnya mereka melakukan kegiatan bakar bakar ayam lalu makan malam bersama di pinggir pantai. Tidak lupa mereka saling bergantian olah vokal (karaoke) sambil terdengar deburan ombak pantai yang semakin malam airnya semakin surut. Itu juga bertujuan guna merekatkan hubungan emosional sesama pemuda Gemilang.

Pemuda Gemilang kelompok pemuda yang juga mencitatakan menjadi generasi Gemilang seperti visi misi gubernur dan wakil gubernur saat ini. Mereka juga mengaku berkomitmen berkontribusi untuk daerah sebisa mungkin dengan cara apa adanya.

“Termasuk kami kemah ini juga untuk membantu pemerintah mempromosikan pariwisata,” ucapnya polos.

Usai berkegiatan malamya, paginya mereka melangsungkan senam pagi di atas pasir putih. Yang tidak kalah pentingnya juga sebelum persiapan pulang mereka melakukan aksi bersih bersih pantai dan sekitaran pantai terutama lokasi yang digunakan berkemah. Ini bertujuan ingin mengadovaksi setiap pengunjung agar sadar dengan sampah yang mereka bawa. Yani berharap pantai Torok tersedia sarana umum seperti toilet dan bak sampak. Ini bertujuan agar tidak ada pencemaran lingkungan termasuk agar selalu menjaga kebersihan pantai setiap pengunjung.

“Ini yang memang masih kurang fasum dan bak sampah,” ucapnya.

Kepala Dusun Torok, Basirun merasa senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh Pemuda Gemilang itu. Dia hanya berpesan agar selalu menjaga kemanan dan kenyamanan warga sekitar pantai. Basirun juga mengakui bahwa toilet maupun bak sampah yang belum ada.

“Ini tentunya menjadi catatan kami di sini,” katanya.(*)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Tiga Kepala OPD Diklarifikasi

Read Next

Kepala BAIS Temui Gubernur

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *