Kemiskinan Loteng Turun 0,24 Persen

F Kepala BPS Loteng

KHOTIM/RADARMANDALIKA.ID Syamsudin

PRAYA – Angka kemiskinan di Kabupaten Lombok Tengah turun 0,24 Persen. Kemiskinan merupakan aspek yang paling sering disoroti dalam suatu suatu daerah, mengingat kemiskinan selalu berkaitan erat dengan kemakmuran suatu daerah.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lombok Tengah, Syamsudin menyatakan dimana angka kemiskinan menurun sekitar 0,24 persen dari data sebelumnya tahun 2018 yakni, 13,87 dan di tahun 2019 yakni 13,63. Artinya acuan sampai saat ini, masih menggunakan data 2019.

“Untuk data update tahun 2020 akan diumumkan resmi pada Desember mendatang secara nasional, ” katanya.

Pendataan yang dilakukan pada bulan Maret dan September kemarin, merupakan pendataan surnas (survey nasional ), pada bulan Maret surnas besar sekitar 800 rumah tangga sedangkan  pada bulan September 400 rumah tangga.

Katanya, angka kemiskinan didapatkan melalui indikator makanan yang dikonsumsi setiap harinya, selama seminggu dan yang dibeli seperti pakaian. Artinya semakin terpenuhi asupan gizi dan tingkat pembelanjaan masyarakat menandakan tingkat ekonomi masyarakat.

“Rata-rata kemungkinan hidup masyarakat Lombok Tengah, sampai usia 66 tahun, dilihat dari tingkat pemenugan gizinya,” pungkasnya. (tim)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

HIPMI Pusat Sikapi Gugatan Sawaluddin

Read Next

Burhanudin Pimpin KAI NTB

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *