Kadis LH Loteng Dorong Pembentukan KMPUS

  • Bagikan
F kadis dinas LH
KHOTIM/RADARMANDALIKA.ID Supardiono

PRAYA – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lombok Tengah, Supardiono mendorong produktifitas dan pembentukan Kelompok Masyarakat Peduli Sampah (KMPUS) di setiap desa dan kelurahan untuk mengatasi sampah.

“Kita akan coba identifikasi kapan dititip. Kami akan membangun koordinasi dari RT, lurah dan desa kaitan pengelolaan sampah di akar rumput masyarakat,” tegasnya.

Supardiono memaparkan,  pihaknya memiliki tugas dan fungsi baik di masing-masing bidang maupun seksi terkait soal persampahan. Makan penting mencari dan merumuskan apa dan bagaimana pola solusi penyelesaian sampah di Loteng ini.

Pihaknya akan mengkoordinasikan skema pengangkutan dan pembuangan sampahnh, apakah langsung dilakukan pengangkutan di tiap-tiap kecamatan supaya tidak adanya penimbunan sampah.

“Tegur kami dan berikan masukan kaitan bagaimana cara menangani sampah sehingga SOP yang ada di dinas dapat berjalan dengan baik,” pintanya.

Supardiono menambahkan, dalam penanganan sampah petugasnya sejak jam 6 pagi sudah mulai melakukan pengangkutan, namun memang ada oknum yang membuang sampah sembarangan.

“Bila perlu secara global pengelolaan sapah akan dimanajemen sedemikian rupa,” tegasnya.

Ditambahkan, daerahpun miliki TPA Pengengat sebagai tempat akhir sampah di Loteng, sehingga semua bermuara di tempat tersebut. Kemudian adanya KMPS yang tersebar di masing-masing desa dan atau kelurahan dalam pengelolaan sampah dalam inovasi pengelolaan sampah.

“Kemarin kami terkendala covid sehingga tahun depan ini semoga bisa maksimal,” harapnya.(tim)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *