Jalan Tergenang, Bupati Perintahkan Angkat Sedimentasi

F CEK

IST / RADAR MANDALIKA CEK DRAINASE: Bupati Lotim didampingi Kadis PUPR, Perkim, LHK dan Kalakhar BPBD Lotim, saat masuk ke gorong drainase, melihat kondisi penyebab air meluap ke jalan, kemarin.

LOTIM – Meluapnya air hingga menggenangi jalan raya, menjadi atensi khusus Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy. Bahkan pagi kemarin, bupati blusukan hingga masuk saluran drainase yang ada di simpang empat depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Selong. Sukiman masuk gorong, melihat langsung penyebab utama air meluap menggenangi jalan.

Saat turun masuk gorong-gorong, Sukiman mengajak sejumlah bawahannya. Mulai dari Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim), Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), dan Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim.

Setelah dicek kondisi gorong-gorong di simpang empat depan makam pahlawan, dilihatnya buntu karena sedimentasi dan sampah. Padahal, saluran itu memanjang hingga sungai. Sedimentasi cukup parah, juga terjadi di drainase depan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) tembus drainase simpang empat PLN.

Jarak sedimentasi dengan beton penutup saluran, disebutnya hanya satu jengkal. Hal itu menjadi penyebab air keluar menggenangi badan jalan depan Dukcapil. Kondisi yang sama, terjadi pada drainase simpang empat komplek Pertokoan Pancor (PTC). “Hari ini (kemarin, Red), sudah saya perintahkan untuk membongkar beton saluran, mengangkat sedimentasi menggunakan eskavator. Harapan kami setelah diangkat, tidak lagi banjir,” tegasnya.

Orang nomor satu di Lotim ini mengungkapkan, kesadaran masyarakat tidak membuang sampah sangat diharapkan. Karena itu, harus disosialisasikan pada masyarakat, mulai dari hulu sampai hilir, untuk tidak membuang sampah. Tanpa kesadaran masyarakat, sedimentasi akan tetap terjadi dan sulit diangkat. “Memang, semua saluran dan dan dalam Kota Selong milik provinsi. Tapi selama ini kita yang bantu,” katanya dan berharap kerjasama semua untuk tidak membuang sampah ke drainase dan sungai. (fa’i/r3)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Jalur Wisata Sembalun Longsor Lagi

Read Next

UIN Mataram Tertutup? Mahasiswa Ancam Demo

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *