Galian C Ilegal Makin Menjamur di Lotim

F GALIAN C

DOK / RADAR MANDALIKA BERAKTIVITAS : Salah satu tambang galian C yang beraktivitas di Lotim, yang tetap dalam pantauan Satpol PP.

LOTIM – Aktivitas penambangan galian C yang diduga ilegal di Lombok Timur (Lotim), semakin menjamur. Diberbagai tempat, galian C tersebut terus bermunculan, baik diwilayah Kecamatan Aikmel, Labuhan Haji, Lenek, dan beberapa wilayah lainnya.

Kepala Satuan (Kasat) Pol PP Lotim, H Sudirman, pada awak media kemarin menjelaskan, semakin maraknya galian C yang diduga ilegal itu, membuatnya turun tangan menindak para penambang nakal. Tidak saja Satpol PP yang intens turun mencegah penambangan secara ilegal itu, tetapi juga instansi terkait lainnya.

“Hampir setiap hari turun melakukan penertiban penambang ilegal. Mereka kami minta segera mengurus perizinan. Jika tidak, kami akan berikan tindakan tegas,” tegas Sudirman.

Ia kembali menegaskan, selama altivitas penambangan dilakukan tanpa mengantongi izin, tetap tidak dibenarkan. Bahkan temuan lain di lapangan, dampak aktivitas para penambang ilegal itu dikeluhkan masyarakat kawasan tambang.

“Penambangan yang mencemari lingkungan, juga kita tertibkan. Sebab, ada aturan yang harus diikuti penambang, sehingga tidak merugikan pertanian dan sebagainya,” ucap mantan Kepala Bakesbangpoldagri itu.

Dalam upaya menegakkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Material Bukan Logam dan Bebatuan (MBLB), koordinasi dengan pemerintah kecamatan telah dilakukan untuk mendata keberadaan tambang galian C ilegal yang ada di wilayahnya masing-masing. Demikian juga koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lai. Terutama, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), mau pun Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Dua instansi itu sambungnya, memiliki kewenangan dalam menetapkan apakah aktivitas pebambangan itu mengantongi izin atau sebaliknya aktivitas tersebut ilegal. “Kewenangan kami di Pol PP, hanya sebatas penindakan, terhadap para pelanggar peraturan daerah,” tegasnya.

Saat ditanya data jumlah penambang yang tidak mengantongi izin, ia sendiri tidak mengantongi secara pasti. Namun dipastikannya, penambang galian C secara ilegal masih cukup banyak. Baik yang telah beroperasi lama mau pun baru buka.

“Galian C baru memang banyak dilapangan. Titik penambangan menyebar dibeberapa kecamatan,” pungkasnya. (fa’i/r3)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Jalan di Setangi Tertimbun Longsor

Read Next

Saksi Ahli Mangkir

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *