Jalan di Setangi Tertimbun Longsor

f evakuasi 1

IST/RADAR MANDALIKA EVAKUASI: Proses evakuasi material longsor di jalan Setangi kemarin, dengan menerjunkan alat berat guna agar proses evakuasi lebih cepat.

KLU—Cuaca ekstrem minggu-minggu ini patut diwaspadai. Hujan dengan intensitas tinggi serta angin kencang yang menerpa Lombok Utara belakangan ini memicu sejumlah kejadian bencana alam. Bukan hanya pohon tumbang dibeberapa titik. Kini akses jalan nasional di wilayah Setangi, Desa Malaka tertimbun longsor.

Longsor yang menutup sebagian badan jalan itu terjadi pada Rabu (24/2) sekitar pukul 07.30 Wita, dimana titik longsor kabarnya ada dibeberapa tempat. Melihat kondisi ini Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lombok Utara yang mendapat laporan angsung turun menujulokasi.

Diungkapkan Komandan Regu III TRC BPBD Lombok Utara, M. Sai, longsor yang ada di bukit itu tumpah ke jalan sehingga menutupi sebagian badan jalan. Pihaknya beserta regu Damkar langsung melakukan pembersihan di area tersebut untuk mengurangi material longsoran. “Diperkirakan kejadiannya sekitar pukul 07.00 Wita, ini disebabkan karena curah hujan tinggi yang terjadi pada Selasa malam kemarin,” ungkapnya.

Proses evakuasi meterial longsor cukup memakan waktu yang lama. Pihaknya mengalami beberapa kendala di lapangan. Saat tim mencoba memindahkan material, upaya penguraian dan penyemprotan justru tidak bisa dilakukan akibat volume longsor cukup besar. Terlebih aliran air yang terus turun ditambah lagi dengan pergerakan tanah dari tebing longsoran. Untuk mengantisipasi keselamatan anggota sehingga harus diterjunkan alat berat.

“Setelah Kalak BPBD KLU berkoordinasi dengan PU KLU mengingat itu statusnya jalan nasional sehingga bantuan alat berat datang dari provinsi,” jelasnya.

Meski tidak ada korban jiwa namun proses pembersihan cukup memakan waktu yang lama. Pantauan tim hingga pukul 14.00 Wita, petugas masih berupaya membersihkan longsoran tersebut. Untungnya, minimnya pengendara yang melintas membuat proses pembersihan berjalan sedikit lancar. “Untuk lalu lintas sangat terganggu mengingat material longsoran menutupi setengah badan jalan dan luapan dari longsoran berupa lumpur dan batu menyebar ke jalan raya,” jelasnya.

Sementara itu dalam proses evakuasi, aparat kepolisian turut mengamankan jalannya lalu lintas di tempat itu. Terlihat jajaran Polsek Pemenang juga turun memantau dan mengawasi jalannya proses evakausi material longsoran. Kepala SPKT I Polsek Pemenang AIPTU I Sayang Sudira menyampaikan kepada pengguna jalan agar berhati-hati dikarenakan tanah longsor yang berada di bahu jalan memicu jalan menjadi licin. (Dhe) 

Area lampiran

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Kajian Proyek Penataan Senggigi Diduga Tak Matang

Read Next

Galian C Ilegal Makin Menjamur di Lotim

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *