Empat Paslon Bertarung di Mataram

SK scaled

RESMI BERTARUNG: Ketua KPU Kota Mataram, M Husni Abidin (songkok) menyerahkan SK penetapan kepada salah satu LO Paslon di Kantor KPU setempat, kemarin (23/9).

Hari Ini Pengundian Nomor Urut

MATARAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram resmi menetapkan empat pasangan calon (Paslon) wali kota dan wakil wali kota yang akan bertarung di Pilkada Kota Mataram 2020, kemarin (23/9). Empat Paslon yang ditetapkan semuanya dari jalur partai politik.

“Hari ini (kemarin), kita sudah menyatakan bahwa empat Paslon resmi bertarung untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram Tahun 2020,” ungkap Ketua KPU Kota Mataram, M Husni Abidin.

Adapun empat Paslon yang dimaksud. Yaitu, pasangan H Mohan Roliskana-TGH Mujiburrahman (HARUM), HL Makmur Said-H Badruttamam Ahda (MUDA), Hj Putu Selly Andayani-TGH Abdul Manan (SALAM), dan pasangan H Baihaqi-Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi (BARU).

Surat Keputusan (SK) penetapan Paslon diterima langsung oleh masing-masing Liaison Officer (LO) Paslon yang hadir di Kantor KPU setempat, kemarin. SK yang diserahkan Ketua KPU Kota Mataram itu disaksikan oleh Ketua Bawaslu Kota Mataram, Hasan Basri, Kapolresta Mataram, Kombes Pol Guntur Herditrianto, dan pejabat yang mewakili Dandim 1606/Lobar.

Penetapan empat paslon berdasarkan hasil penelitian seluruh administrasi persyaratan pencalonan, persyaratan calon, dan persyaratan kesehatan. Masing-masing paslon telah memenuhi tiga poin persyaratan tersebut. Sehingga, telah resmi ditetapkan sebagai peserta Pilkada Kota Mataram 2020.

“Itu sudah terpenuhi secara keseluruhan dan dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat untuk kita tetapkan sebagai pasangan calon,” jelas Husni.

Selanjutnya, pengundian nomor urut Paslon dilaksanakan pada 24 September (hari ini), pukul 19.00 Wita, di Hotel Grand Legi Mataram. “Dari empat Paslon akan kita undi untuk menentukan siapa nomor 1, nomor 2, nomor 3, dan siapa nomor 4,” sebut Husni.

KPU membatasi jumlah yang akan hadir dalam pengundian nomor urut Paslon. Pembatasan sesuai dengan aturan Pilkada di masa pandemi Covid-19. KPU menetapkan jumlah orang yang hadir hanya delapan orang. Dari masing-masing Paslon. Terdiri dari dua orang Paslon, enam orang dari tim dan parpol.

“Yang semula 12 orang masing-masing Paslon. Tetapi kita sudah kurangi jadi delapan orang untuk masing-masing Paslon. Jadi itu include dengan Paslon, dengan timnya, dan dengan parpol-nya,” terang Husni.

Sementara, Kapolresta Mataram, Kombes Pol Guntur Herditrianto, menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan Covid-19 selama tahapan Pilkada 2020 berlangsung. Hal ini harus dipahami dan diterapkan oleh penyelenggara pemilu termasuk empat Paslon. Karena Pilkada kali ini akan digelar di tengah suasana pandemi sekarang.

“Kondisi saat ini sangat kita prihatin. Pilkada 2020 sangat unik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena tahun ini di tengah pandemi,” kata dia.

Aparat keamana sudah beberapa kali menggelar rapat koordinasi dengan Paslon untuk bagaimana menerapkan protokol Covid-19. “Semua Paslon juga prihatin dan sepakat bahwa pelaksanaan Pilkada sama-sama mempedomani ketentuan yang ada. Salah satunya soal protokol kesehatan,” terang Kapolresta Mataram.

Dia meyakini semua Paslon dan tim sukses pasti sudah paham terkait ketentuan yang ada. Kapolresta Mataram menegaskan, apabila tidak menaati protokol kesehatan Covod-19 maka sanksi menanti. Sebab, pelaksanaan Pilkada juga harus mengutamakan keselamatan jiwa masyarakat.

“Mari kita pedomani aturan penyelenggara dan aturan lainnya seperti Penanggulangan Penyakit Menular,” ajak dia.

Sedangkan Ketua Bawaslu Kota Mataram, Hasan Basri meminta agar semua Paslon tidak membawa massa dan taat protokol kesehatan Covid-19 dalam pengundian nomor urut. Tidak hanya itu, protokol kesehatan dan aturan yang ada harus ditaati dan diterapkan selama agenda kampanye Pilkada 2020. Sesuai dengan kesepakatan bersama.

“Jangan sampai kita hanya pandai bersilat lidah tetapi nyatanya melanggar protokol kesehatan,” pungkas dia. (zak)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Subhanallah, Mayat Bayi Ditemukan Penuh Luka

Read Next

PBB Loteng Pastikan Kader Kompak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *