Wabup Lobar Hj Sumiatun saat melakukan sidak ke kantor Dukcapil Lobar, Selasa (27/6).

LOBAR – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lombok Barat (Lobar)  kehabisan tinta untuk mencetak KTP Elektronik. Padahal OPD ini tengah dikejar target pencetakan yang masih banyak.

“Per hari ini tinta kita sudah habis, tapi alhamdulilah sudah kita pesan. Toh besok kita libur cukup panjang dan mudah-mudahan akan tersedia di hari Selasa esok,” tutur Kepala Dinas Dukcapil Lobar, H Saepul Ahkam disela sidak Wakil Bupati Lobar, Hj Sumiatun ke kantor Pelayanan Dinas Dukcapil Lobar, Selasa (27/6/2023) lalu.

Selain persoalan tinta, Ahkam mengakui tentang ketersediaan blangko KTP elektronik yang masih bergantung pada suplai Pemerintah Provinsi. Di satu sisi ketersediaan blangko dengan jumlah sasaran rekam dan warga yang sudah rekam tidak sebanding.

“Masyarakat kita yang PRR atau sudah rekam tinggal diprintkan KTP-nya saja masih bersisa 10 ribuan warga,” terang Ahkam.

Saat ini, ulas Ahkam, pihaknya baru mampu melakukan perekaman sampai 98,02 persen dari warga yang wajib KTP. Itulah alasannya pihaknya mulai banyak turun ke desa dan sekolah-sekolah. “Kita berusaha agar sampai menjelang Pemilu, kita bisa lebih banyak lagi melakukan perekaman agar tidak deviasi warga dengan perekaman makin kecil dan menembus nol persen sehingga tidak menjadi hambatan di Pemilu nanti. Kami terus koordinasi dengan KPUD dan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Desa dan berharap terus dibantu oleh Pemerintah Provinsi,” pungkas Ahkam.

Sementara itu saat inspeksi mendadak (Sidak) Wakil Bupati Lobar Hj Sumiatun, Selasa (27/6) lalu, srikandi Sekotong itu langsung menemui masyarakat yang sedang mengantre untuk mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk).

“Saya sengaja datang untuk mengunjungi kantor ini sambil mengecek, apakah masyarakat kita terlayani secara memuaskan atau tidak. Alhamdulillah masih bagus-bagus saja walaupun ada hal-hal yang mesti diperbaiki lagi,” ujar Sumiatun selepas mendengar aspirasi masyarakat terkait layanan.

Dikatakan Ketua DPD II Partai Golkar Lobar itu dari beberapa orang yang ditanyakan langsung mengaku terlayani dengan baik. Demi meyakinkan dirinya, Sumiatun langsung mengadakan pertemuan dengan jajaran Dukcapil untuk memberikan evaluasinya secara langsung.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Dukcapil Lobar, H Saepul Ahkam mengaku antusias mendapat kunjungan mendadak tersebut. “Saya bersyukur ibu Wabup hadir langsung ke sini sehingga bisa langsung mengetahui proses pelayanan yang kami berikan. Tentu kami langsung mendapat catatan-catatan evaluasi dari beliau,” kata Ahkam.

Tidak hanya mendapatkan evaluasi, Ahkam pun mengaku memberikan laporan tentang progres pelayanan. Termasuk bagaimana tantangan, dan hambatan pihaknya dalam memberikan pelayanan adminduk. “Secara umum kami melaporkan capaian atas target yang dibebankan ke kami. Syukurnya kami pun bisa melaporkan beberapa hambatan yang kami alami,” ujar pria yang baru dua bulan menduduki jabatan Kepala Dinas Dukcapil itu. (win)

 

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 507

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *