Mataram – Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos, M.M membuka kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas SDM Pemerintah Provinsi NTB yang berlangsung di Aula Tambora BPSDM NTB, Kamis (12/10).

Doktor Najam mengatakan Provinsi NTB selama ini telah menjadi salah satu provinsi terdepan dalam pengelolaan data, terbukti dari pengelolaan data secara terpusat melalui kebijakan NTB Satu Data. 

“Skor Provinsi NTB dalam assessment SDI telah berada di atas rata-rata nasional dan menempati 10 besar Provinsi dengan skor kematangan terbaik,” jelasnyajelasnya.

Doktor Najam mengungkapkan kegiatan Bimtek merupakan introspeksi bagi internal Pemprov NTB untuk terus meningkatkan penggunaan data dalam pengambilan kebijakan. 

“Pengentri data merupakan peran yang sangat mulia karena dibutuhkan dalam memberikan informasi yang akurat dalam masyarakat,” ungkapnya.

Adapun materi yang dipaparkan, yaitu terkait Pengenalan dan Peran SKALA pada NTB Satu Data SKALA NTB yang disampaikan oleh Lalu Anja Wistya Kusuma yang merupakan Provincial Lead SKALA NTB.

Materi Cleaning Data dan Pengolahan Data BPS Provinsi NTB disampaikan oleh Chairul Fatikhin Putra, S.ST., MM, Materi Dasar-dasar Statistik FMIPA UNRAM disampaikan oleh Dr. Lilik Hidayati, S.Si., M.Si.

Dilanjutkan dengan Praktek pertama, terkait Tabulasi Data dengan Format yang Tepat yang diarahkan oleh Iqbal Julianto, S.Stat dan Praktek 2 terkait Praktik Cleaning Data dan Pengolahan Data menggunakan GoggleSheet yang diarahkan oleh Logananta Puja Kusuma, S.Stat. (red)

100% LikesVS
0% Dislikes
Post Views : 123

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *