Dewan Sebut Balon Sekda Loteng Layak Semua

F TAUHID 1

DOK/RADAR MANDALIKA M Tauhid

PRAYA-Ketua DPRD Lombok Tengah, M Tauhid menyebutkan semua bakal calon (balon) Sekda yang muncul dianggap layak semua. Di antaranya, Plt Sekda HL Idham Khalid, Kadis LH Amir Ali, Kepala BKPAD Baiq Aluh,Kadis PUPR L Firman Wijaya, Kadis Perkim L Rahadian dan Kasat Pol PP L Aknal Afandi.
Namun ada hal yang harus dimiliki oleh setiap nama atau kandidat/calon Sekda.
Antara lain, harus memahami sosial kultur tentang masyarakat budaya Lombok Tengah yang melingkupi pemerintahan dan kemasyarakatan. Selain itu, harus memilik pengalaman jabatan dalam bidang tugas manapun dalam rumpun jabatan paling tidak sekurang-kurangnya pernah dua kali menduduki jabatan pimpinan tinggi Pratama setingkat kepala dinas atau struktur eselon II.
“Yang ini telah diatur berdasarkan aturan yang berlaku. Sebab posisi jabatan Sekda sangat strategis berperan dalam membantu kepala daerah menyusun program kerja dan mengkoordinasikan seluruh satuan perangkat kerja,” kata Tauhid.

Selain itu, Sekda merupakan jabatan karir tertinggi bagi seorang aparatur sipil negara (ASN). “Saran saya karena seorang Sekda seorang yang memilik peran strategis harus betul-betul orang yang mempunyai kapasitas yang hebat, inovatif dan harus loyal kepada atasannya yaitu bupati dan wakil bupati,” tegasnya.
Ia melanjutkan, secara demokrasi melalui Pilkada sebagai representasi masyarakat Lombok Tengah dan betul-betul diharapkan bisa bersinergi dengan semua kalangan. Terutama kalangan stake holder yang ada di Lombok Tengah tanpa pandang bulu.
Sementara, disentil jika ada calon dari luar Lombok Tengah. Tauhid merasa sah-sah saja Bupati mencari calon Sekda dari luar Lombok Tengah selama memenuhi persyaratan.

“Saya yakin bupati tidak akan melakukan hal itu, karena sumber daya manusia (SDM) yang kita miliki sekarang ini sangat berpotensi untuk menempati jabatan sekda,” yakin dia.
“Contoh Pak Idham hubungannya dengan masyarakat dan segenap stake holder pemerintahan sangat baik. Pak Firman dengan konsep-konsep perencanaan pembangunannya juga cerdas relasinya luas. Dan nama2 yang lain tidak bisa disebutkan satu persatu juga semuanya baik dan berprestasi,” pungkasnya.

Sementara anggota DPRD Lombok Tengah dari Fraksi PBB L Arif Rahman Hakim juga berpendapat sama. Katanya, siapapun cocok jadi sekda yang penting dia bisa memenuhi syarat dan tentu juga harus bisa memenuhi tiga kriteria. “Pertama harus bisa menerjemahkan visi- misi kepala daerah, dua harus punya loyalitas dalam arti positif bukan yang negatif dan ketiga mampu melakukan koordinasi dengan semua stage holder atau semua OPD dan punya lobi kuat atau akses kuat ke pusat,” kata Arif.
Ditambahkan anggota DPRD NTB Dapil Lombok Tengah, L Hardian Irfani. Dia menegaskan, melihat semua calon sekda yang ada saat niki, sangat sangat berkompeten. Lombok Tengah menurutnya saat ini membutuhkan sekda yang kreatif, inovatif, energik, memiliki gagasan dan ide cemerlang dalam mengatur management birokrasi di Lombok Tengah.
“Serta mampu menterjemahkan visi dan misi Bupati Loteng saat ini,” katanya.
Miq Ari mengatakan, harus mampu menjawab dinamika perubahan zaman dalam rangka mengawal dan mensukseskan program-program bupati dan wabup.(red)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Satu Rombongan, Dua Wisatawan Positif Korona

Read Next

FIF Group Cabang Praya Salurkan 100 Paket Bantuan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *