BPBD Lotim Usulkan Perbaikan 4.564 Rumah

F L. Kurnia Darmawan

L Kurnia Darmawan

LOTIM – Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Timur (Lotim), mengusulkan perbaikan 4.564 unit rumah korban gempa bumi tahap II ke pemerintah pusat. Kendati demikian, usulan belum direspons.

Kabit Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Lotim, L. Kurnia Darmawan mengatakan, sampai dengan saat ini pihaknya juga masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari pusat untuk pelaksanaan pembangunan lanjutan tahap II.

“Jumlah usulan ini tidak bersifat tetap karena akan ditentukan oleh hasil verifikasi pusat, sehingga jumlah dari rusak ringan, sedang dan berat belum bisa dipastikan,“ ungkapnya pada wartawan Radarmandalika.id, Senin kemarin.

Darmawan menjelaskan, Lombok Timur merupakan daerah dengan prosfek pembangunan rumah gempa paling bagus dibandingkan dengan daerah- daerah lain. Darmawan mengaku pembangunan rumah korban gempa tahap pertama sudah 100 persen tuntas dari segi fisik. Dia menegaskan, BPBD tinggal menyelesaikan LPJ yang rencananya akan selesai paling lambat dua bulan kedepan.

Sementara, tahap I ini BPBD telah menyelesaikan pembangunan rumah korban gempa sebanyak 26.790 unit rumah yang merupakan hasil verifikasi pusat dari jumlah yang diusulkan, sebanyak 27.619 unit berdasarkan SK Bupati Lotim. Sementara, jumlah bantuan untuk korban gempa tergantung jenis kerusakan, misalnya 10 juta untuk rusak ringan, 25 juta rusak sedang dan 50 juta rusak berat.

 “Itu berdasarkan SK bupati yang 27.619,” jelasnya.

Sementara, katanya ada empat wilayah yang paling besar dampak gempa. Wilayah Sambelia, Sembalun, Peringgabaya dan Montong Gading.

Kedepannya pihaknya berharap pemerintah pusat dapat mempercepat pencairan bantuan untuk tahap II, karena masih banyaknya warga yang belum memiliki tempat tinggal terutama yang rusak berat. Kondisi ini sangat memprihatinkan, karena dalam waktu yang cukup lama warga tidur di bawah tenda atau ada yang numpang di rumah keluarganya.

 “Kami harap dari BNPB segeralah bagaimana caranya supaya dana itu segera diturunkan,” harap Darmawan.(cr-ndi)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Bypass BIL-Kuta Batal Dikerjakan Agustus

Read Next

Polda Diminta Proses Ketua BK DPRD NTB

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *