Berkedok Beasiswa PIP, Wali Murid MIN 1 Loteng Kena Tipu

F MIN 1

HAZA/RADAR MANDALIKA SISWA: Sejumlah siswa MIN 1 Loteng saat pulang sekolah.

PRAYA – Penipu mulai berkeliaran di lingkungan pendidikan. Kali ini, wali murid MIN 1 Lombok Tengah (Loteng) kena tipu. Berkedok mendapat beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP), penipu berhasil menggondol sejumlah uang wali murid tersebut.  

Kepala MIN 1 Loteng, Mahruf membenarkan kejadian tersebut. Dimana salah satu wali murid dihubungi penipu melalui nomor 085212413449 dengan kedok anak mendapat beasiswa PIP. Sehingga diarahkan untuk langsung ke mesin ATM dan diminta ketik nomor digit untuk regestrasi pencairan dana PIP. Namun naas wali murid tersebut malah ditipu hingga satu juta lebih.

“Prosedur PIP itu sudah dilakukan dengan cara sistematis, seperti SK sudah dishare sebanyak 47 siswa ke masing-masing grup. Sehingga diimbau kepada wali murid yang namanya sudah tercantum dan memiliki rekening dibuatkan oleh madrasah akan dibagikan. Sebelum pembagian juga sudah diinformasikan,” jelasnya.

Ia menegaskan, pihak madrasah sudah memberikan undangan untuk para wali murid yang mendapatkan PIP dan sudah ada persyaratan yang harus dilengkapi. Tapi masih saja ada wali murid awam yang kena tipu.

Padahal pada 26 Januari lalu pihak madarasah sudah menyebar undangan untuk melengkapi persyaratan dengan hadir di madrasah dalam rangka penerimaan dana PIP. Pembagian berlangsung dari pukul 9:30 Wita sampai 10:30 Wita dan itu sudah disalurkan semuanya. Sedangkan mengenai kejadian penipuan itu berlangsung sekitar pukul 11 siang sampai 4 sore.  Oknum tersebut menjalankan aksinya dengan cara menelpon hampir semua wali murid kelas dua. Mengenai data wali murid, pihak madrasah tidak mengetahui bagaimana cara oknum tersebut mendapatkannya.

“Itu mungkin sudah keahlian hacker,” katanya.

Dengan adanya korban penipuan ini, pihak madrasah langsung melaporkan ke Polres Loteng dengan no. Surat: B.58/MI.19.03/PP.01/01/2021 tertanggal 27 Januari 2021. Atas kejadian ini, pihaknya mengimbau kepada seluruh wali murid jangan pernah percaya dan melayani oknum yang mengaku bisa mengurus untuk mendapatkan beasiswa PIP selain dari pihak madrasah/sekolah.

“Seharusnya wali murid mengkonfirmasi dan mencari informasi ke madrasah, jangan percaya pada oknum seperti itu. Mudah-mudahan usaha dan proses yang dilakukan oleh kepolisian mendapatkan hasil yang memuaskan,” harapnya. (cr-hza)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Kirim Seribu Sapi NTB ke Jabar

Read Next

Suntik Vaksin Kedua Aman

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *