Belasan Rumah Rusak di Lobar, Dua Warga Luka-Luka

F PPUTING BELIUNG

KUNJUNGI: Bupati Lobar H Fauzan Khalid bersama beberap kepala OPD terkait saat melihat kondisi korban terdampak puting beliung di Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung, kemarin.

LOBAR—Angin puting beliung kembali menerjang wilayah Lombok Barat (Lobar), Sabtu (10/10) lalu. Setelah sepekan lalu menerjang Desa Badrain, Kecamatan Narmada. Kali ini belasan rumah di Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung rusak akibat hempasan angin puting beliung. Bahkan membuat dua orang terluka akibat tertimpa reruntuhan. Dari informasi yang dihimpun, kejadiannya sekitar pukul 15.00 Wita, Sabtu (10/10).

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Lobar, Mahnan menerangkan, data sementara kerusakan rumah dampak puting beliung sebanyak 11 unit. Terdiri dari 2 rusak berat dan 9 rusak ringan. Hampir sebagian rumah rusak di bagian atap. “Itu data sementara,” ujarnya, pekan kemarin.

BPBD, lanjutnya, sudah melakukan penanganan awal dengan memberikan bantuan sembako, makanan cepat saji, terpal, selimut dan tikar. Hampir sama dengan penanganan saat bencana di Badrain. Untuk dua orang yang terluka adalah sepasang suami istri yang tertimpa reruntuhan material bangunan karena melindungi anaknya yang masih balita. “Mereka luka ringan,” ucapnya.

Sementara itu Kades Taman Ayu Muhammad, Tajudin mengatakan, kedua korban luka telah mendapatkan penanganan dari pihak puskesmas setempat. Ia menyarankan korban yang rumahnya rusak berat agar sementara waktu mengungsi ke tetangga yang tak terdampak puting beliung. Lantaran terdapat balita dan dikhawatirkan mengganggu kesehatan jika mendirikan tenda. “Mengungsi ke tetangga dulu sementara,” pungkasnya.

Selain memperoleh bantuan sembako, para korban puting beliung itu juga dijeguk Bupati Lobar H Fauzan Khalid, kemarin. Fauzan berdialog dan mendengarkan curahan korban terdampak bencana alam itu. Seperti disampaikan Sabri, salah satu korban yang rumahnya rusak berat.

Ia berharap kepada Pemkab bisa membantu perbaikan rumahnya. Mengingat musim penghujan yang sudah mulai tiba. Mendengar permintaan itu, Bupati Lobar H Fauzan Khalid langsung meresponnya. “Insya Allah hari Rabu kita akan gotong royong bersama TNI-POLRI dan dinas-dinas terkait untuk memperbaiki rumah korban angin puting beliung,” janjinya.(win)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Melihat Bonggol Jagung yang Disulap jadi Media Tanam Jamur

Read Next

Perjalanan Dakwah UAS di Gumi Patut Patuh Patju

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *