Suasana objek wisata di KEK Mandalika yang sedang ramai dikunjungi para wisatawan.

PRAYA – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika/The Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), perusahaan member Injourney Group yang mengembangkan dan mengelola kawasan pariwisata di Indonesia, menjadi salah satu destinasi pariwisata pilihan wisatawan di Lombok untuk mengisi libur lebaran tahun ini.

Kunjungan wisatawan ke Mandalika pada periode libur lebaran 19-26 April 2023 diperkirakan mencapai 19.500 orang, didominasi oleh wisatawan domestik yang berasal dari Lombok dan sekitarnya, Bali, Jawa, dan Jakarta.

Dari pantauan ITDC, spot-spot pariwisata di The Mandalika yang padat dikunjungi oleh wisatawan pada periode libur tersebut antara lain adalah Kuta Beach Park (KBP), Bukit dan Pantai Seger, Bukit Merese dan Pantai Tanjung Aan.

Selain pantai dan bukit tersebut, spot favorit tujuan wisatawan selama libur lebaran tahun ini adalah patung Bapak Presiden RI mengendarai motor di pintu gerbang Pertamina Mandalika International Circuit.

General Manager The Mandalika Molin Duwanno mengatakan, pihaknya selaku pengelola kawasan The Mandalika menyambut baik dan bersyukur dengan minat para wisatawan berwisata ke The Mandalika dalam mengisi hari libur Lebaran ini. Kawasan pariwisata The Mandalika memang memiliki beragam spot pariwisata yang menarik yang dapat menjadi pilihan wisatawan, seperti pantai-pantai, bukit-bukit, dan sebuah Sirkuit internasional.

Untuk mendukung kenyamanan para wisatawan, selama libur Lebaran kemarin ITDC menyediakan parkir gratis di sentral parkir Bazaar Mandalika, area pantai Seger, Tanjung Aan, dan Bukit Merese yang dapat dimanfaatkan bagi kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor maupun bus pariwisata yang membawa rombongan.

Selain itu ITDC juga membangun Posko Lebaran Seru yang berlokasi di tiga titik yaitu di area Kuta Beach Park (KBP), area Bazaar Mandalika, dan di depan Pertamina Mandalika Sirkuit yang beroperasi sejak tanggal 18 April 2023.

Selain untuk memberikan layanan informasi lengkap terkait kawasan kepada wisatawan dan pengunjung yang melakukan kegiatan wisata pada periode libur Lebaran, Posko Lebaran Seru ITDC juga berfungsi untuk memantau kepadatan dan keamanan wisatawan.

“Meski periode libur resmi Lebaran telah berlalu, hingga hari ini tingkat kunjungan wisatawan ke kawasan kami masih cukup tinggi. Kami juga memperpanjang hari operasional Posko dari 30 April ke 1 Mei 2023, mengingat 1 Mei 2023 ini merupakan libur nasional, dan kami perkirakan masih ada wisatawan yang akan mengisi liburan dengan berkunjung ke The Mandalika,”ungkapnya.

Selain membangun posko dan melakukan pantauan harian, sebagai pengelola kawasan ITDC juga melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah dan para stakeholder dalam menjalankan operasional kawasan, untuk menciptakan situasi yang tertib dan kondusif.

“Kami berterima kasih atas dukungan seluruh stakeholders dan juga wisatawan bahwa selama libur Lebaran ini kita bisa bersama-sama menjaga suasana kawasan aman, nyaman dan menyenangkan,” pungkasnya. (tim)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 421

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *