Angin Puting Beliung Sapu Puluhan Rumah

F PUTING BELIUNGG

IST/RADARMANDALIKA KUNJUNGI: Beginilah kondisi salah satu rumah rusak berat akibat puting beliung di Desa Labuan Tereng.

LOBAR—Puluhan rumah di Dusun Gerepek dan Embung Polah Desa Labuan Tereng Kecamatan Lembar rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (5/2) lalu. Kejadiansekitar 18.00 Wita itu, bahkan menumbangkan pohon dan melukai satu warga setempat.

Kapolsek Lembar Iptu Boy Ari Purnomo menerangkan dampak puting beliung mengakibatkan pohon tumbang dan merusak atap rumah warga yang berada di Rt. 02 dan Rt. 03 Dusun Gerepek Desa Labuhan Tereng. Jumlah rumah yang terdampak puting beliung untuk sementara yang bisa didata sebanyak 20 unit. Rinciannya rusak berat 6 rumah dan 14 rumah rusak. “Yang rusak berat tidak bisa ditempati, dan sementara waktu mengungsi. Kalau rusak ringan rumah masih bisa ditempati,” jelasnya.

Sementara satu korban luka mengalami benjol pada kepala dan bengkak di bagian muka, dan saat ini dirawat di rumah keluarga.

Dari penuturan Kadus Gerepek, Ulya Roni Purnawirawan, angin puting beliung yang menerjang dusunnya membuat 78 KK terdampak. “Yang paling parah di dusun kami ada enam rumah rusak berat. Termasuk ada dua lansia yang terkena. Sedangkan sisanya rusak sedang dan ringan,” jelas dia.

Kadus Embung Kolah, H Supardi mengatakan terdapat 90 KK di dusunnya yang terdampak angin puting beliung. Namun yang terkena kerusakan, sebanyak 15 rumah. Sedangkan yang rusak berat sebanyak 4 unit rumah.

“Rumah yang rusak dimiliki 15 KK, rusak berat ada 4 rumah,” terangnya.

Saat ini warga yang rumahnya rusak berat mengungsi ke rumah keluarga terdekat. Mereka butuh bantuan material perbaikan rumah, seperti spandek karena rata-rata atap rumah warga yang rusak.

Camat Lembar, Hasanudin mengatakan dua dusun terdampak angin puting beliung mengakibatkan 88 rumah terdampak, dengan rincian 10 rusak berat sedangkan sisanya rusak sedang dan ringan. “Selain itu ada dua infrastruktur pemerintah yang terkena, yaitu sekolah (SDN 3 Labuan Tereng), Paud, dan TK,” pungkasnya.(win)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Keok di Pilkada, Demokrat Akan Lakukan Evaluasi

Read Next

Limbah Diduga Bocor, Warga Ancam Tutup RSCM Praya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *