Amin: Stop Ekspor Produk Lokal NTB ke Israel !

F Amin

H Muh. Amin

MATARAM – Wakil Gubernur NTB pada era TGB, Muh Amin meminta Pemprov NTB tidak lagi melakukan ekspor produk lokal ke Negara Israel. Pemprov disarankan sebaiknya mencari negara lain selain Israel itu.

Amin mengatakan, Bangsa Indonesia telah berkomitmen meniadakan diplomasi dengan bangsa zionis tersebut. Sebab sampai hari ini, banga Indonesia masih berkomitmen memperjuangkan kemerdekaan negara Palestina. Harapan Palestina bisa merdeka total berada di tempat yang istimewa, khusus dari bangsa Indonesia.

“Hubungan diplomatik Indonesia – Israel, sampai hari ini tidak pernah ada. Karena itu bukan saja pusat tidak boleh ada perdagangan tetapi sampai dengan daerah tidak boleh ada,” tegas Amin di Mataram, kemarin.

Beberapa hari yang lalu, aliansi peduli palestina NTB menemukan data nilai ekspor produk lokal ke bangsa Yahudi itu melalui Dinas Perdagangan NTB periode Januari sampai April yaitu, kerajinan alang-alang volume 27 dengan nilai 2.778,85 USA, dan kerajinan batu alam volume 0,11 dengan nilai 1,631,50 USA. Bahkan Kadis Perdagangan NTB tegas menyebutkan keranjang buah produk lokal UMKM NTB tembus Israel hingga 400.000 USA atau Rp 5,6 miliar.

“Rasa kemanusiaan kita masih ada. Rasa empati kita kepada Palestina. Sehingga ekspor itu dihentikan. Saya kira ia (harus dihentikan),” tegasnya.

Amin mengatakan, selain berkaitan dengan bentuk kepedulian ke Palestina, tetapi apa untungnya juga melakukan ekspor kesana. Israel itu negara konflik sehingga tidak akan bisa mendatangkan keuntungan. Di negara tersebut juga belum ada kepastian stabilitas hukum, stabilitas politik apalagi stabilitas ekonominya.

Kalau menginginkan innerarac perdagangan, ekspor meningkat kenapa tidak mencari negara lain saja tidak harus ke Israel. Pemerintah harus mempertimbangkan  apapaun bentuknya  jangankam atas kepentingan pribadi apalagi mengatasnamakan pemerintah jangan dilakukan.

“Bahkan bila perlu produk Israel di boikot saja tidak perlu masuk ke Indonesia,” tegas Amin lagi.

Disinggung perdagangan ke Israel sudah dimulai sejak era TGB- Amin? Amin menegaskan hal itu tidak benar. Lima tahun mendampingi TGB memimpin NTB tidak pernah ada hubungan perdagangan yang terjalin antara Pemprov NTB dengan Israel.

“Yang saya tau ndak ada sepanjang sebagai wakil gubernur ndak ada. Saya kaget malah sekarang ada ekspor ke negara Israel,” ungkap Amin.

Sementara itu, Gubernur NTB, Dr Zulkeiflimansyah tegas menyatakan Pemprov NTB tidak pernah melangsungkan hubungan perdagangan dengan Israel. Selain itu, bukan kewenangan pemerintah daerah juga melakukan ekspor langsung.

“NTB tidak pernah melakukan ekspor langsung produk produk-nya ke Israel. Yang jelas Pemda NTB tidak pernah melakukan kerjasama dagang dengan Israel,” tegas Bang Zul terpisah.

Gubernur menyampaikan kalau ada produk kerajinan milik NTB dijual oleh pembisnis ke dari NTB ke Jakarta atau ke Surabaya, lantas oleh pembisnis Jakarta atau Surabaya itu di ekspor ke Singapore, Eropa atau Amerika lalu Pembisnis di Negara-negara tersebut ada yang dijual ke Israel. Tentunya, Pemda tidak bisa mengontrol.

“Bahwa origin atau asal produk tersebut dari NTB iya, tapi ujung ujungnya ada orang di Israel yang beli benar-benar di luar kendali kita,” kata gubernur.

“Terima kasih rekan rekan yang sudah mengingatkan untuk kami berhati hati, tapi sekali lagi kami tegaskan nggak ada kerjasama NTB dengan Israel,” kata Zul.(jho)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Gara-gara Jalan Rusak, Warga Ancam Keberlangsungan MotoGP

Read Next

Mohan-Mujib Dapat Dukungan PBB

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *