950 Personel Diterjunkan Amankan Pilkades dan Nataru

f polres 2

IST/RADAR MANDALIKA PEMASANGAN: Kapolres bersama Dandim dan Wakil Bupati memasang pita pada anggota yang melakukan operasi Lilin Rinjani sekaligus serpras pengamanan Pilkades, kemarin.

PRAYA – Polres Lombok Tengah (Loteng) melaksanakan apel gelar pasukan operasi Lilin Rinjani Natal dan Tahun Baru (Nataru), kemarin. 

Selain itu, dalam apel juga dibarengi dengan pergeseran pasukan anggota untuk  pengamanan Pilkades 2020 yang dilaksanakan 23 Desember mendatang.

Kegiatan gelar apel pasukan dan Serpas dilaksanakan di Alun-alun Tastura Praya di pimpin oleh Kapolres Loteng, AKBP Esty Setyo Nugroho, Dandim 1620 Lombok Tengah, Letnan Kolonel I putu Tangkas, Wakil Bupati Lombok Tengah, Lalu Fathul Bahri dan jajaran Forkopimda Lombok Tengah.

Kapolres Loteng, AKBP Esty Setyo Nugroho menuturkan, dalam bulan ini ada dua agenda atau kegiatan yang harus diamankan oleh personel Polres Lombok Tengah bersama TNI dan Instansi terkait. Dimana yaitu, yang pertama kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 kemudian yang kedua kegiatan Pilkades yang akan diselenggarakan oleh 16 desa.

“Ada dua agenda atau kegiatan yang harus kita amankan pada bulan ini yaitu Operasi Lilin Rinjani dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru, kemudian pengamanan Pilkades,” tutur Esty.

Kapolres menjelaskan, dalam pengamanan Operasi Lilin Rinjani 2021 Polres Lombok Tengah menerjunkan 150 personel yang terbagi ditiap-tiap pos pengamanan dan pelayanan di Lombok Tengah yaitu sebanyak 8 pos. Seperti Pos Pam Batukliang, Praya, Batujai, Kuta, Tanjung An, Selong Belanak, Labulia dan Pos Yan BIL.

“Untuk Operasi Lilin sendiri, kita terjunkan 150 personel yang terbagi di tiap-tiap pos pengamanan dan pelayanan yaitu sebanyak 8 pos,”ungkap Kapolres.

Sementara untuk pengamanan Pilkades, Polres Lombok Tengah terjunkan sebanyak 800 personel gabungan. Personel Polres Lombok Tengah, TNI, BKO Brimob, BKO Dalmas Polda, Pol PP dan Linmas yang sudah terbentuk di setiap desa yang melaksanakan Pilkades.

“Personel gabungan TNI-Polri dan instansi terkait sudah kita ploting di 200 TPS yang ada, sedangkan selebihnya nanti melaksanakan patroli mobile,” terang AKBP Esty.

Dalam pelaksanaan Pilkades ini, Esty mengimbau agar para calon kepala desa tetap jujur, dengan cara-cara yang elegan, tidak melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan konflik. Kemudian dia juga sampaikan, agar Pilkades ini tidak dijadikan sebagai ajang perjudian sehingga tidak menimbulkan konflik ataupun pertikaian di masyarakat.

“Saya imbau, agar para calon kades utamakan kejujuran dalam bersaing serta momen pilkades tidak dijadikan ajang perjudian sehingga menimbulkan konflik atau pertikaian di tengah masyarakat,” ujar Kapolres.

Sementara itu, Bupati Loteng, H Moh.Suhaili FT menyatakan, pihaknya mengharapkan agar masyarakat Nataru ini tidak membuat keramaian. Hal itu untuk mencegah penyebaran virus korona hang sekarang masih melanda.

“Saya harapkan agar masyarakat juga untuk tetap patuh dengan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus ini terjadi,”ujarnya dengan tegas, kemarin.(jay/tim)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Gawat ! Bandar Besar Narkoba Banyak di Lombok Timur

Read Next

Perayaan Tahun Baru Ditiadakan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *