25 Kader PAN Rebut Kursi Ketua

F Ketua PAN NTB scaled

MATARAM – Musyawarah Wilayah (Muswil) DPW PAN NTB akan berlangsung Agustus mendatang. Persiapan panitia sudah sampai 90 persen. Dari data panitia sendiri didapatkan ada 25 kader terbaik PAN di NTB yang akan mendaftar untuk merebut posisi Ketua DPW.

“25 orang kader terbaik mendaftarkan,” ungkap Ketua DPW PAN NTB, Muazim Akbar di Mataram, kemarin.

Muazim menjelaskan, mekanisme di PAN sendiri sedikit berbeda dengan partai lain. Penetapan ketua tidak melalui pemungutan suara. Istilah calon ketua itu disebut formatur. 25 formatur itu dikirim ke DPP selanjutnya DPP akan menurunkan nama-nama kepada daerah siapa yang layak menjadi formatur. Biasanya dari sederet nama itu yang diturunkan pusat delapan, empat bahkan bisa juga satu formatur tunggal. Jika satu formatur ditetapkan DPP berarti orang itu sudah sah menjadi ketua DPW PAN.

“Kalau misalnya empat nama yang diturunkan maka empat orang itu akan musyawarah menentukan siapa yang pas menjadi ketua,” terang politisi kelahiran Penujak, Lombok Tengah itu.

Muazim sudah menjadi ketua DPW PAN dua periode. Saat terpilih pada periode pertama mekanisme pemilihan ketua dengan pemungutan suara (one man one vote). Mulai dari suara ketua PAN tingkat kecamatan se NTB, suara ketua sekretaris DPD PAN Kabupaten kota disertai dengan pengurus harian. Tetapi di periode kedua itu baru memakai mekanisme formatur.

“Waktu itu hanya saya sama Fauzan Khalid bersaing jadi tim formatur,” ceritanya.

Muswil PAN akan berlangsung di D-Max Hotel Lombok Tengah. Jika tidak ada kendala dari DPP terutama tidak ada daerah lain yang melangsungkan Muswil, maka kemungkinan Muswil akan berlangsung antara tanggal 8-9 Agustus sesuai yang telah dijadwalkan pantia dan diusulkan ke DPP.

“Yang jelas persiapan sudah 90 persen,” katanya.

SC dan OC telah melaporkan ke DPP beberapa hari yang lalu tinggal menunggu kepastian tanggal pelaksanaannya.(jho)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Ibu Kandung Mahasiswi Unram yang Meninggal Minta Otopsi

Read Next

Bubar, Suryade Ngaku Tetap Bersama PKS

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *