Tidak Ada Kebijakan Menutup Pasar

F BUPATI

AHMAD ROHADI/RADAR MANDALIKA H Najmul Akhyar


KLU—Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar dalam laporannya kepada Gubernur Provinsi NTB menyampaikan, telah melakukan langkah antisipasi dalam penanganan Covid-19 di Lombok Utara. Khusus pasar tradisional yang ada saat ini tidak akan ditutup oleh pemerintah dengan sejumlah alasan.

“Kita tidak ada kebijakan menutup pasar, karena kita tahu kebutuhan pokok masyarakat bersumber dari sana,” ungkap Najmul saat melaksanakan Vicon dengan Gubernur NTB, Selasa lalu.

Jika kebijakan penutupan pasar dilakukan, dikhawatirkan terjadi kekurangan sembako yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Jika itu terjadi maka tentu sangat parah, sehingga tantangan sosial masyarakat juga perlu dipikirkan.

Meskipun demikian, pemerintah bersama sejumlah stakeholder seperti PMI, TNI, Polri dan lainnya telah melakukan upaya penjagaan ketat di pintu masuk menuju Lombok Utara. Seperti jalur Pusuk, Malaka, dan Bayan yang tetap dipantau tim satgas Covid-19. Sehingga setiap warga yang masuk Lombok Utara tetap dilakukan skrining suhu tubuh, dan dilakukan penyemprotan terhadap kendaraannya. Jika dalam kondisi suhu tubuh tidak normal maka masyarakat dari luar Lombok Utara akan diminta balik kanan. “Namun kami sudah mengatur waktu transaksi di pasar tidak seperti biasa, kita batasi sekarang,” sebutnya.

Sebagai langkah penyadaran kepada masyarakat, pemerintah tetap melakukan upaya imbauan ke lapangan. Termasuk di pasar-pasar untuk meminta sama-sama bergerak berjuang melawan Covid-19 dengan mematuhi apa yang disampaikan oleh pemerintah.

Berkaitan dengan jumlah kasus Covid-19 di Lombok Utara sampai tanggal 6 April lalu tercatat sebanyak 521 orang dalam status Orang Dalam Risiko (ODR), dan 148 orang dalam status Orang Dalam Pengawasan (ODP). Angka ODP diklaimnya mengalami penurunan jika dibandingkan dengan data sebelumnya. “Kita harus sama-sama saling menguatkan, dan berjuang melawan Covid-19 ini,” serunya.(dhe)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Gudang Jamu Dua Singa Illegal Digerebek

Read Next

Alhamdulillah, Satu Pasien Korona di Mataram Sembuh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *