Tak Gunakan Masker, Sebulan 150 Wisatawan Ditindak

F Razia

IST/RADAR MANDALIKA RAZIA: Aparat kepolisian saat memakaikan masker pada wisatawan asing, kemarin.

PRAYA — Polsek Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah (Loteng) kembali melakukan razia penindakan terhadap para warga atau wisatawan asing yang tidak mengindahkan protokol kesehatan. Seperti tidak menggunakan masker di kawasan wisata, kemarin.

Kali ini razia penindakan itu dilakukan di ruas Kuta-Awang tepatnya di simpang Songgong, Dusun Songgong, Desa Mertak Kecamatan Pujut. Hasilnya, ditemukan masih banyak pengendara dari warga maupun wisatawan yang tidak mengindahkan protokol kesehatan.  Sehingga, bagi warga maupun wisatawan tersebut, aparat kepolisian memberikan tindakan tegas dengan memberikan sanksi push up. 

Kapolesk Kuta, Iptu Muhamad Fajri menegaskan, pihaknya memang saat ini masih rutin melaksanakan operasi yustisi penggunaan masker sebagaimana diatur dalam Perda Provinsi NTB Nomor 7 tahun 2020 dan Pergub Nomor 50 Tahun 2020 sebagai tindak lanjut Inpres No. 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam mencegah dan mengendalikan Covid-19 di wilayah Lombok Tengah, khususnya di Desa Kuta.

“Jadi hal ini kita lakukan dengan maksud kita memberikan penindakan tidak hanya kepada pengendara sepeda motor roda dua, tetapi juga pengendara roda empat dan kendaraan besar. Pengunjung lokal dan warga negara asing yang akan terjaring razia masker,” ungkapnya, kemarin.

Ia menegaskan, razia yang dilaksanakan di lokasi tersebut dengan cara menghentikan kendaraan yang melewati jalan tersebut dengan memeriksa kelengkapan kendaraan yang tidak menggunakan masker.

“Total pelanggar yang ditindak yakni sebanyak 15 orang dengan memberikan sanksi tindakan berupa teguran dan tindakan push up tentunya dengan memperhatikan faktor umur dan kesehatan. Kemudian mencatat nama-  nama pelanggar tersebut selanjutnya di dokumentasi,” terangnya.

Lebih jauh disampaikan, bahwa kegiatan operasi yustisi Covid-19 tentang penggunaan masker ini dilakukan. Selain untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Disatu sisi, sebagai upaya dalam menjaga Kamtibmas di wilayah tersebut, terutama dalam hal untuk mengantisipasi aksi kriminalitas juga.

“Untuk bulan November ini saja, kurang lebih 150 pelanggar yang kita tindak. Kita berikan sanksi disiplin dan teguran tertulis. Tujuan utamanya, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam upaya menekan penyebran covid-19,” tuturnya. (jay)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Bawaslu Telusuri Bagi-bagi Jilbab

Read Next

Dugaan Pelanggaran, Semua yang Dipanggil Hadir

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *