SPN Datangi Poltekpar, Pertanyakan Alumni yang Nganggur

F hearing SPN

KHOTIM/RADARMANDALIKA.ID SOROT: SPN Lombok Tengah saat hearing di Kampus Poltekpar Lombok yang diterima direktur, Senin kemarin.

PRAYA – Serikat pekerja nasional (SPN) Cabang Lombok Tengah menyoroti banyaknya alumni Poltekpar Lombok yang sampai dengan saat ini nganggur. Bahkan parahnya, ada juga mereka jadi kuli bangunan.
Selain soal ini, SPN juga mengungkit persoalan yang terjadi di dalam Poltekpar. “Kami mempertanyakan bagaimana kesiapan dan kesigapan Poltekpar Lombok ini dalam mempersiapakan generasi muda dan masyarakat di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika kedepan, kemudian bagaimana upaya menindaklanjuti alumni yang banyak nenganggur,” tegas Ketua SPN Lombok Tengah, Jeni MY di hadapan media, Senin kemarin.

Jeni juga meminta Poltekpar harus mampu menggerakkan dan membuat trobosan baru di tengah kondisi pandemi saat ini. Sementara itu ditegaskannya, bagi alumni yang nenganggur ini menjadi catatan pihak poltekpar.
“Apabila tidak bisa membangun dan meningkatkan SDM Loteng, maka tidak ada gunanya Poltekpar di Lombok Tengah,” sentilnya.
“Dalam penerimaan kerja di hotel Pulman Kuta yang dalam perekrutan, kemudian hanya bagian bawah yang di berikan ruang untuk lokal, kemudian apa gunanya adanya Poltekpar dalam mempersiapakan generasi alumni,” tanyanya.

Pria yang akrab disapa gondrong ini juga menyoal, bahwa Loteng yang ketempatan menjadi gerbang Internasional sekaligus menjadi lokasi kegiatan Event Internasional, sehingga pihaknya mempertanyakan posisi dan kontribusi Poltekpar sendiri. Seharusnya, Poltekpar memiliki kontrak kerjasama kemudian dalam pendistribusian alumni secara jelas dan terarah.

Direktur Poltekpar Lombok, Herry Rachmat Widjaja yang menerima massa hearing menerangkan, dalam konsep Tri darma perguruan tinggi, dimana pihaknya hanya menyiapkan generasi yang terdidik tangguh dan unggul. Sementara pihaknya tidak berada dalam mempersiapkan lokasi kerja bagi para alumni .
” Pada Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari 3 poin , yaitu Pendidikan dan Pengajaran, kemudian penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat,” tegasnya.

Herry menambahkan, dalam menunjang kemajuan dalam persiapan KEK Mandalika dimana terus berkolaborasi, juga melakukan pembinaan di masyarakat. Misalnya fokus di Lombok yakni dalam suksesi persiapan SDM dengan keberadaan Sirkuit Mandalika untuk WSBK dan Moto GP.

“Kami juga melatih masyarakat di Wisata Tete Batu Lotim,” bebernya.

Kedepan, pihaknya akan melaksanakan sesegera mungkin akan membangun kontrak dengan instansi terkait dalam kemajuan SDM, soal penerimaan mahasiswa lokal menjadi prioritas yakni 80 persen, selanjutnya kemudian dalam serapan kerja alumni juga kedepan akan melaksanakan job fair dalam penjaringan dan pendistribusian alumni dalam dunia kerja.
“Kita sama – sama mengetahui kondisi pandemi dimana parusahaan banyak tutup dan pengurangan karyawan dan kita harus memahami itu,” tegasnya.(tim)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Limbah, Dewan Segera Panggil Pihak PDAM

Read Next

Heboh, “Bukit Menangis” di Bypass Mandalika, Warga Yakin Airnya Bisa Sembuhkan Penyakit

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *