PROSES : Layanan poli klinik bedah jantung yang sedang diproses di RSUD Selong. Poli ini akan melayani pasien jantung. (IST/RADAR MANDALIKA)

LOTIM – Penanganan pasien jantung tak perlu lagi harus jauh-jauh. Karena kini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedjono Selong Lombok Timur (Lotim) memiliki fasilitas layanan bedah jantung atau bedah toraks, kardiar dan vaskuler atau pembuluh darah (BTKV).

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Selong Lotim, Badran, kemarin menjelaskan, pendirian poli klinik jantung ini untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat Lotim, guna mewujudkan layanan kesehatan yang prima.

“Layanan poli jantung ini kita manfaatkan ruangan bekas Instalasi Gawat Darurat (IGD),” katanya.

Menurutnya, poli jantung ini dibangun karena menjadi salah satu yang diharapkan masyarakat. Lantaran sebelumnya penanganan medis seperti bedah jantung dan pembuluh darah kurang optimal, sebab minimnya ketersediaan Alat Kesehatan (Alkes).

Dengan adanya Poli Klinik bedah jantung ini, pasien jantung bisa mendapatkan layanan pembedahan sesuai dengan kondisi pasien. Terlebih, Rumah Sakit Tipe B ini telah didukung dengan dokter spesialis yang menangani bedah jantung. Kendati diakui khususnya di NTB, dokter spesialis bedah jantung masih sangat langka.

“Khususnya di NTB, hanya dua dokter spesialis bedah jantung. Salah satunya bekerja di RSUD Selong,” terangnya.

Diungkapkan, sekarang ini RSUD Selong sedang melakukan pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) dan beberapa fasilitas pendukung lainnya. Selain itu, RSUD Selong juga tengah menunggu persetujuan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Hal itu agar pasien BPJS Kesehatan bisa memanfaatkan layanan tersebut.

Ia pun optimis dalam waktu dekat Poli Klinik Bedah Jantung segera beroperasi. “Kami harap dengan adanya layanan baru ini, pasien jantung di Lombok Timur dapat terlayani. Untuk mendapatkan tindakan medis, tidak lagi perlu keluar daerah,” pungkasnya. (fa’i/r3)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 647

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *